Kunjungi Brebes, Dispermadesdukcapil Jateng Bagikan 1.244 Keping KIA

Kunjungi Brebes, Dispermadesdukcapil Jateng Bagikan 1.244 Keping KIA

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Jawa Tengah (Jateng), Sugeng Riyanto melakukan kunjungan ke Kabupaten Brebes. Selain mengunjungi desa tertinggal di wilayah Kecamatan Larangan, dia juga melakukan inspeksi mendadak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes. 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Brebes Mayang Sri Herbimo mengatakan selain melakukan pendampingan desa miskin yang ada di wilayah Kecamatan Larangan, Kepala Dispermadesdukcapil Jateng juga melakukan monitoring pelayanan di Disdukcapil Brebes.

Dalam monitoring tersebut, kata dia, Kepala Dinpermadesdukcapil meminta Disdukcapil agar lebih intens dalam mensosialisasikan persyaratan yang baru. 

“Maksud mensosialisasikan persyaratan yang baru ini yaitu, saat ini persyaratan warga yang pindah domisili tidak usah meminta surat pengantar dari RT ataupun RW. Jadi, bisa langsung datang ke kecamatan ataupun ke dinas,” ujarnya, Kamis (2/9). 

Meski ada sedikit masukan, kata Mayang, secara keseluruhan pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Brebes sudah cukup baik. Terlebih, pelayanan di Disdukcapil tidak hanya melayani tatap muka, melainkan juga melayani lewat offline. Yakni, dengan dropbox, online, maupun lewat kantor pos.

“Kalau secara keseluruhan Kepala Dinpermadesdukcapil Jateng menilai pelayanan di kantor kami (Disdukcapil Brebes) sudah cukup baik. Terutama dalam menyediakan sarana prasarana dalam mematuhi protokol kesehatan, kami juga sudah menyediakannya,” terangnya. 

Selain melakukan monitoring, lanjutnya, Kepala Dinpermadesdukcapil Jateng juga berkesempatan memberikan sedikitnya 1.244 keping Kartu Identitas Anak di wilayah Kecamatan Larangan. Dalam pemberian tersebut, Kepala Dinpermadesdukcapil didampingi Sekertaris dan Kepala Disdukcapil Brebes.(ded/zul)

Sumber: