Bupati Idza Sebut Ini Penyebab Angka Stunting di Brebes Masih Ditemukan

Bupati Idza Sebut Ini Penyebab Angka Stunting di Brebes Masih Ditemukan

Saat ini permasalahan stunting (kependekan) di Kabupaten Brebes terus menjadi perhatian pemerintah setempat. 

Pemkab Brebes melaunching Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) sebagai upaya serius dalam mengatasi stunting di kota bawang ini agar tidak ada lagi terjadi kasus stunting. 

Bupati Idza mengatakan, penyebab masalah stunting didominasi oleh kurang optimalnya kondisi kesehatan dan asupan nutrisi pada ibu yang sedang hamil dan menyusui. 

Untuk itu perlu ada penanganan yang serius untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu usaha yang dilakukan yaitu dengan mendirikan Dapur Sehat Atasi Stunting. 

Dashat dikenalkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang di dalamnya mencakup beberapa kegiatan. Antara lain edukasi perbaikan gizi dan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui, serta balita. 

Lewat Dashat, kata dia, masyarakat akan diberi sosialisasi terkait pangan lokal yang terjangkau, bercita rasa dan bergizi baik. Selain itu ada pula pemberdayaan masyarakat untuk penyediaan makanan padat gizi dengan bahan lokal. 

Dashat bisa menjadi pusat referensi bila mana ada bumil ingin masak makanan sehat namun tidak tahu harus masak apa. 

"Tidak semua makanan sehat itu mahal. Jadi, para ibu hamil bisa bertanya di layanan Dashat untuk mengetahui cara memasak makanan sehat dengan menu yang ada dan murah," ujarnya 

Dijelaskannya, dengan layanan Dashat ini, semua ibu hamil dan ibu menyusui bisa lebih memperhatikan asupan nutrisinya. Sehingga kasus stunting tidak terjadi lagi di kemudian hari. 

"Kita harapkan dengan layanan Dashat ini, ibu hamil dan yang sedang menyusui bisa memasak makanan sehat yang murah dan terjangkau. Sehingga, asupan gizi bisa tercukupi," pungkasnya. 

Bupati Idza juga membacakan deklarasi mendukung pengentasan stunting di desa. Deklarasi diikuti jajaran DP3KB, penyuluh KB, perwakilan Kampung KB, perwakilan kepala desa dan tamu undangan lainnya. (ded/ima)

Sumber: