Peringati Hari Veteran, Pemuda Panca Marga dan Polres Tegal Kolaborasi Vaksinasi Warga

Peringati Hari Veteran, Pemuda Panca Marga dan Polres Tegal Kolaborasi Vaksinasi Warga

10 Agustus diperingati sebagai Hari Veteran Nasional. Peringatan ini dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan atau pejuang nasional saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari agresi militer Belanda.

Ketua DPC PPM Kabupaten/Kota Tegal, Sukartono mengatakan Hari Veteran Nasional diatur melalui Kepres No.30 tahun 2014 tentang Hari Veteran Nasional. Menurutnya, cakupan kategori veteran dalam kepres memiliki arti yang lebih luas lagi. 

"Yakni pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan (masa sebelum kemerdekaan), mempertahankan kemerdekaan (paska Proklamasi Kemerdekaan), dan orang yang pernah ikut berjuang demi menjaga perdamaian bangsa-bangsa di dunia," katanya saat menghadiri vaksinasi anggota PPM dan masyarakat di sekitar kantor DPC LVRI, Kamis (12/8).

Ditambahkan pula, Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 2014 juga menerangkan terdapat beberapa jenis veteran. Yaitu veteran pejuang kemerdekaan RI, pembela Trikora (Tri Komando Rakyat), pembela Dwikora (Dua Komando Rakyat), pembela Seroja (Timor Timur), dan pejuang perdamaian dunia atas penugasan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sebagai Kontingen Perdamaian Dunia.

"Anak keturunan biologis veteran ini tergabung dalam wadah organisasi Pemuda Panca Marga (PPM)," ungkapnya.

Untuk memperingati Hari Veteran Nasional ke-72, Pemuda Panca Marga Kabupaten/Kota Tegal menjalin sinergitas dengan Polres Tegal menggelar vaksinasi anggota PPM dan masyarakat. Kegiatan itu dilakukan di sekitar kantor DPC LVRI, Kamis (12/8), di Lapangan Kalibliruk Slawi.

"Respek dan penghargaan setinggi-tingginya atas upaya Polres Tegal yang penuh dedikasi tiada henti, iklas tanpa batas dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19," ungkap Sukartono mengapresiasi kegiatan tersebut.

Sedangkan Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Sya'faat SIK menyambut baik upaua Pemuda Panca Marga sebagai contoh edukasi yang baik. Menurutnya, berjuang tidak hanya mengangkat senjata di medan laga, tapi Ikut bersama-sama memerangi wabah Covid-19 sejatinya perjuangan yang luar biasa.

"Sumbangsih para veteran sangat berharga bagi bangsa dan negara," tutup Kapolres. (guh/zul)

Sumber: