Di Depan Menteri, Nelayan di Tegal Gunting Jaring, Siap Ganti Cantrang

Di Depan Menteri, Nelayan di Tegal Gunting Jaring, Siap Ganti Cantrang

Nelayan di Kota Tegal menyatakan komitmennya untuk mengganti alat tangkap cantrang dengan jaring tarik berkantong lebar.

Hal itu dibuktikan dengan aksi menggunting jaring yang dilakukan bersama wali Kota Tegal saat kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat berkunjung ke Pelabuhan Perikanan Tegalsari, Selasa (10/8) siang. 

Dalam pernyataannya, Sakti mengatakan para nelayan sudah mengganti alat tangkap cantrang. Komitmennya langsung dari nelayan dan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono. 

"Nelayan dan Pak Wali sendiri yang menggunting sebagai simbol pergantian cantrang dengan jaring tarik berkantong yang lebih lebar," katanya. 

Menurut Sakti, ada perbedaan antara jaring cantrang dengan yang baru. Kalau yang baru, saat ditarik tetap lebar, sedangkan cantrang tidak ditarik saja udah sempit. 

"Jadi tolong disampaikan ke publik, nelayan Tegal sangat komit terhadap keberlanjutan dan ini adalah untuk kepentingan generasi yang akan datang," tandasnya. 

Kepada para wartawan yang mewawancarainya, Sakti juga berjanji akan membangun Pelabuhan Perikanan Tegal menjadi lebih bersih dan hiegienis dari kondisi sekarang yang ada. Dirinya juga sudah berkoordinasi dengan gubernur Jawa Tegah terkait pengelolaan Pelabuhan Perikanan Tegalsari ke depan. 

“Pelabuhan akan kita bikin sebagus mungkin saya belum tahu angkanya berapa. Bapak Gubernur setuju untuk menyerahkan pelabuhan ini kepada Kementerian Pusat maka saya sudah minta kepada Pak Dirjen untuk segera dibangun," ujarnya. 

Sakti mengatakan, dirinya menginginkan pelabuhan itu menjadi ikonik yang sangat bersih dan bagus. Karena dirinya melihat produksi ikannya luar biasa. 

"Kita berharap pembangunan bisa segera, mudah-mudahan September-Oktober. Akhir tahun ini bisa kelihatan desain besarnya sehingga 2022 kita bisa mulai," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Sakti Wahyu Trenggono yang didampingi Wali Kota Tegal H Dedy Yon Supriyono dan jajaran terkait juga berkeliling ke pelabuhan untuk melihat aktivitas secara langsung. (muj/ima)

Sumber: