Dinilai Tepat Sasaran, Bupati Tegal Apresiasi Kinerja Dinas Sosial dan Tenaga Fasilitator

Dinilai Tepat Sasaran, Bupati Tegal Apresiasi Kinerja Dinas Sosial dan Tenaga Fasilitator

Bupati Tegal mengapresiasi kinerja Dinas Sosial dan tenaga fasilitator dalam memvalidasi dan memverifikasi data penerima manfaat. Sehingga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) bisa tepat sasaran.

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, manfaatkan bantuan pemerintah dengan sebaik mungkin untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi. Sehingga dapat menambah imun anggota keluarga. 

Dirinya juga mengapresiasi kinerja Dinas Sosial Kabupaten Tegal dan tenaga fasilitator yang telah bekerja memvalidasi dan memverifikasi data penerima manfaat, memastikan KPM BST tepat sasaran. 

"Saya minta rekan-rekan pendamping untuk terus mengecek dan memantau keberadaan kelompok marginal di masyarakat. Mungkin terlewat dari sentuhan bantuan sosial pemerintah," katanya.

Lakukan advokasi kepada pemerintah desa, tambah Umi Azizah, sebagai pintu masuk pendataan keluarga calon penerima manfaat agar lebih selektif, objektif dan transparan. Sehingga bantuan dapat tersebar dengan baik dan penerima bisa tepat sasaran.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kabupaten Tegal Nurhayati mengatakan BST sudah disalurkan pemerintah sejak tahun lalu dan pada tahun ini awalnya hanya diberikan untuk bulan Januari-April 2021 dengan besaran Rp300 ribu per bulan per KPM. Namun, pemerintah kemudian memutuskan memperpanjang bantuannya untuk bulan Mei dan Juni yang disalurkan pada Juli 2021 ini. 

Setiap KPM mendapat BST dua bulan sekaligus sehingga totalnya Rp600 ribu. Selain itu, mereka juga mendapat bantuan beras kualitas medium sebanyak 10 kilogram. (guh/ima)

Sumber: