Bupati Pastikan Kawasan Industri Brebes Ora Sirep

Bupati Pastikan Kawasan Industri Brebes Ora Sirep

lBupati Brebes Idza Priyanti memastikan, pembangunan Kawasan Industri Brebes (KIB) ora sirep (tidak padam). Hingga saat ini, proses yang panjang dan masih terus bergerak maju meskipun tahapan demi tahapan mengalami kendala akibat pandemi. 

Bahkan PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) yang mengelola KIB berkomitmen melanjutkan tahapan pembangunan berikutnya. 

Demikian disampaikan bupati saat menggelar pertemuan Pembahasan Progres Pembangunan Kawasan Industri Brebes (KIB) dengan PT KIW (Persero) di Pendopo Bupati, Selasa (27/7). 

Kepada PT KIW, Idza berharap ada capaian konkret dalam melaksanakan pembangunan KIB. Dia tidak ingin pembangunan KIB berhenti di tengah jalan apalagi sampai sirep (padam). 

"Kita harapkan pembangunan KIB ini bisa segera rampung. Meskipun memang saat ini kondisinya masih pandemi Covod-19," ujarnya. 

Direktur Utama PT KIW Akhmad Fauzi Nur menyampaikan, pihaknya berkomitmen kuat untuk membangun KIB. Untuk itu, pihaknya mendorong percepatan melalui sinkronisasi komitmen dari lintas sektor, baik dari pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi hingga pemerintah pusat agar pembangunan KIB segera terwujud. 

Kata Fauzi, rencana pembangunan KIB sudah bergulir dari beberapa tahun yang lalu. Dia mengakui masih ada beberapa kendala sehingga belum bisa dijalankan di antaranya karena pandemi. Setelah pertemuan ini, pihaknya berjanji akan segera melakukan pertemuan lanjutan dengan seluruh sektor terkait terutama dengan pihak kementerian terkait guna percepatan progres. 

“Intinya, KIB harus jalan dulu, soal pengembangannya bisa dilakukan setelahnya,” ucapnya. 

Terkait izin prinsip yang dimiliki oleh PT Kawasan Industri Wijayakusuma yang akan segera berakhir, pihak KIW juga telah melayangkan surat permohonan perpanjangan izin prinsip kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Brebes. 

Sementara itu, Sekda Brebes Djoko Gunawan mengatakan, saat ini Pemkab Brebes masih memberikan kesempatan kepada PT KIW untuk melakukan pembangunan KIB. Namun jika sampai batas waktu yang sudah ditentukan belum ada kejelasan dan capaian nyata maka Pemkab Brebes akan mengambil langkah tegas dengan memilih pihak lain untuk mewujudkan terciptanya KIB. 

“Bupati sudah sangat bersemangat mewujudkan KIB, jangan sampai semangat itu padam akibat tidak ada kepastian. Jika PT KIW dirasa tidak sanggup, ya kita ganti yang lain,” tukasnya. (ded/ima)

Sumber: