Capaian Baru 17,1 Persen, Bupati Brebes: Kita Akan Lakukan Vaksinasi Serentak

Capaian Baru 17,1 Persen, Bupati Brebes: Kita Akan Lakukan Vaksinasi Serentak

Vaksinasi baru mencapai 17,1 persen, Bupati Brebes Idza Priyanti menginstruksikan kepada jajarannya untuk melakukan vaksinasi secara serentak dalam waktu dekat ini. 

Hal itu disampaikan usai memimpin rapat lintas sektor di Pendapa Brebes, Selasa (8/7). 

"Vaksinasi masyarakat masih rendah, kemarin tulisannya 17,1 persen. Karenanya tadi kita lakukan rapat lintas sektor untuk melakukan vaksinasi serentak, besok (Rabu, Red)," ujarnya. 

Dijelaskannya, besok kepada instansi terkait untuk melakukan vaksinasi terhadap pedagang di sejumlah pasar yang ada di Brebes. 

Selanjutnya, Kamis dan Jumat untuk melakukan vaksinasi terhadap tenaga pendidik di Kabupaten Brebes. 

"Untuk tenaga pendidik ada 12 ribu, sehingga dilakukan dua hari. Selanjutnya, Sabtu dan Minggu di tingkat madrasah ada enam ribu, dan Seninnya ada lansia," ungkapnya. 

Untuk stok vaksin yang ada saat ini, kata dia, kurang lebih ada 38 ribu. Dengan stok ini akan mempercepat percepatan pemberian vaksinasi di Kabupaten Brebes. 

"Nantinya kita akan berikan imbauan dan sosialisasi agar masyarakat mau menerima vaksinasi. Makanya, ini kita lakukan koordinasi untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat," terangnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Brebes dr Sartono menerangkan, jika mengacu jumlah vaksin yang diterima, cakupan warga penerima vaksin di Brebes sudah mencapai 90 persen. 

Menurutnya, jumlah warga di Brebes cukup banyak. Ditambah, jumlah vaksin yang didrop ke Brebes kurang seimbang dengan jumlah masyarakat. 

"Makanya beberapa hari yang lalu ibu bupati meminta ada penambahan vaksin. Dan dua hari yang lalu kita mendapatkan tambahan vaksin sebanyak 38 ribu vaksin. Itu kita buktikan dengan percepatan vaksinasi," terangnya. 

"Dan targetnya, jumlah tersebut akan kami serap selama empat hari ini," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: