Mulai Hari Ini, KRL Tak Akan Angkut Penumpang dari Stasiun Tanah Abang

Mulai Hari Ini, KRL Tak Akan Angkut Penumpang dari Stasiun Tanah Abang

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal berkoordinasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) terkait operasional Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Koordinasi dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kawasan Tanah Abang akibat melonjaknya pengunjung Pasar Tanah Abang jelang perayaan Idulfitri 2021.

"Kami sudah berkoordinasi dengan KCI terkait operasional KRL untuk kendalikan Covid-19 di kawasan Tanah Abang," kata Anies di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5).

Ia menyampaikan, PT KCI akan melakukan penyesuaian jam operasional KRL di Stasiun Tanah Abang per Senin (3/5). Ia menuturkan, KRL tidak akan berhenti di Stasiun Tanah Abang untuk mengangkut penumpang pada pukul 15.00 hingga 17.00 WIB.

Penyesuaian jam operasional dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya jumlah penumpang KRL saat jam tutup Pasar Tanah Abang.

"Maka besok sore akan ada perubahan jadwal KCI yang melintas Stasiun Tanah Abang. Pukul 3 sampai 7 KCI tidak akan berhenti di Tanah Abang sehingga tidak angkut penumpang di sana," kata dia.

Sebagai alternatif, menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta bakal menyediakan bus TransJakarta yang akan mengangkut penumpang untuk dialihkan ke stasiun lain.

Selain itu, pihak Pemprov DKI juga telah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya guna merekaya akses lalu lintas apabila pasar telah penuh oleh pengunjung.

"Dirlantas sudah rekayasa lalin, jadi cegah kerumunan. Apabila pasar penuh jalan ditutup," tandasnya.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5).

Ketiganya menggelar inspeksi Pasar Tanah Abang setelah beredarnya video viral membeludaknya pengunjung pasar jelang perayaan Hari Raya Idulfitri. (riz/zul/fin)

Sumber: