Jihad Entrepreneur Membangun Wawasan Kemandirian Ekonomi

Jihad Entrepreneur Membangun Wawasan Kemandirian Ekonomi

(Dr. Mahben Jalil, SE., MM.) 

Dosen Magister Manajemen Pasca Sarjana UPS Tegal

 

Economic Problems 

 

Naluri hidup manusia adalah mempertahankan kelanjutan hidup, butuh makan, pakaian dan tempat tinggal, hiburan, belajar, dan sebagainya merupakan kebutuhan hidup manusia kebutuhan materiil sekunder dan primer juga spiritual. 

 

Kebutuhan materiil sebagai kebutuhan primer bersifat mutlak bagi kelangsungan hidup manusia. Sedang kebutuhan spiritual sebagai kebutuhan sekunder bersifat relatif, tetapi perlu dan penting bagi kelangsungan hidup manusia untuk lebih maju dan lebih baik. 

 

Kebutuhan materiil bisa terpenuhi apabila manusia melakukan kerja produksi. 

 

Di era globalisasi saat ini ada lima hal yang dianggap sebagai faktor produksi, yaitu tenaga kerja (labor), modal (capital), sumber daya fisik (physical resources), kewirausahaan (entrepreneurship), dan sumber daya informasi (information resources).

 

Untuk mencapai kehidupan yang lebih makmur dihadirkan berbagai pilihan atau alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah, yang pada intinya menuntut untuk tercapainya sebuah keseimbangan (equilibrium) dari berbagai keterbatasan yang ada akan mengakibatkan masalah yang mengancam jika tidak ditangani secara serius. 

Sumber: