Besok, Lima Sekolah di Brebes Gelar PTM, Ratusan Guru Sudah Divaksin

Besok, Lima Sekolah di Brebes Gelar PTM, Ratusan Guru Sudah Divaksin

Sejumlah sekolah di Kabupaten Brebes, besok (5/4) mulai melakukan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Sedikitnya ada lima sekolah yang melaksanakan uji coba PTM di Brebes, yakni SMKN 1 Kersana, SMAN 3 Brebes, MAN 1 Brebes, MTsN 1 Brebes dan SMPN 1 Brebes. 

"Ya benar mulai besok kelima sekolah tersebut akan melaksanakan uji coba PTM. Dan sejumlah kesiapan sudah dilakukan oleh semua pihak," ujarnya, Minggu (4/4). 

Kesiapan yang dimaksud, kata dia, pihaknya telah melakukan vaksinasi terhadap ratusan guru di lima sekolah tersebut. Sehingga, kesiapan tenaga pendidik dalam memberikan pelajaran bisa maksimal. 

"Selain itu, untuk kesiapan lainnya yakni sarana dan prasarana disetiap sekolah dalam mematuhi protokol kesehatan sudah dilakukan. Seperti, penyediaan tempat cuci tangan, sanitizer dan lainnya," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, menjelang pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Brebes, sebanyak ratusan guru dilakukan vaksinasi Covid-19. Seperti diketahui, sekolahan yang akan menjadi percontohan dalam pelaksnaan PTM yaitu, SMAN 3 Brebes, MAN 1 Brebes, SMKN 1 Kersana, MTsN 1 Brebes dan SMPN 1 Brebes. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Imam Budi Santoso mengatakan, sedikitnya ada 330 guru yang dilakukan vakinasi di empat sekolah tersebut. Dengan rinciannya, SMAN 3 Brebes 75 orang, MAN 1 Brebes 73 orang SMKN 1 Kersana 126 orang dan SMPN 1 Brebes 56 orang. 

"Vaksinasi terhadap guru di sekolah tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni hari ini dan kemarin dengan total sasaran mencapai 330 guru," ujarnya, Selasa (31/3). 

Seperti diketahui, rencananya PTM di Kabupaten Brebes akan dilaksanakan pada Senin (5/4) mendatang. Meski demikian, pembatasan dalam pelaksanaan PTM disetiap sekolah akan dilakukan pembatasan dan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. 

"Pemberian vaksinasi terhadap tenaga pendidik ini sebagai upaya dalam mensuskeskan PTM yang dilaksanakan di Kabupaten Brebes," terangnya. 

Tepisah, Kepala SMPN 1 Brebes Drs Dharma Suhaeri mengatakan, di sekolahnya ada 56 guru yang menjadi sasaran dalam menerima vaksinasi Covid-19 ini. Namun, dua di antaranya tidak mengikuti karena sedang hamil dan memiliki penyakit komorbit. 

"SMPN 1 Brebes menjadi satu-satunya sekolah menengah pertama di Brebes yang menjadi ploting pelaksanaan PTM. Dan sejumlah persiapan sudah dilakukan," ujarnya. 

Selain kesiapan tanaga pendidik yang sudah divaksin, persiapan sarana dan prasarana lain juga telah dilakukan oleh pihaknya. Yakni, menyiapkan tempat cuci tangan serta menjaga lingkungan agar selalu bersih. 

"Salah satu syarat pelaksanaan PTM yakni tenaga pendidik dan guru harus divaksin. Dan itu sudah dilaksnakan oleh tenaga pendidik dan guru di SMPN 1 Brebes. Semoga, pelaksanaan PTM ini bisa berjalan dengan lancar," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: