Dindikpora Brebes Apresiasi Tiga Petinju yang Raih Medali di Walikota Cup Tasikmalaya

Dindikpora Brebes Apresiasi Tiga Petinju yang Raih Medali di Walikota Cup Tasikmalaya

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes mengapresiasi tiga atlet tinju yang berhasil meraih medali di ajang Walikota Cup Tasikmalaya, Jawa Barat, yang dilaksanakan di GOR Sukapura dari tanggal 24-28 Maret 2021.

Dikatakan Johan SS, pelatih Persatuan Tinju Amatir Nasional (Pertina) Brebes, ketiga atlet adalah Meyrisa Dwiyanti, medali perak di kelas 60 kg kategori elit women, Angling Kusuma, medali perunggu di kelas 46 kg kategori mans dan Faiza Fitra Nurwahid, kelas 69 kg kategori elit mans. 

“Ketiga adalah atlet binaan Pertina Brebes di bawah naungan Koni Brebes, di mana dua di antaranya adalah pelajar dari SMK Nurul Islam Larangan, yakni Meyrisa Dwiyanti dan Angling Kusuma,” ungkapnya. 

Diakuinya, dengan prestasi tersebut, pihaknya mengaku bangga dan bersyukur karena ketiga atletnya berhasil memboyong ketiga medali di event yang diikuti 27 sasana tinju Jabar dan Jateng. Brebes dan Banyumas mewakili Jateng di ajang itu. 

Dari puluhan sasana tinju Jabar dan Jateng, sedikitnya ada 131 atlet yang bertanding di 5 kelas, yaitu kelas Mini Boy 8 tahun hingga Elite Man 30 tahun, dengan berat badan 26-81 kilogram. 

“Ketiga atlet kami seharusnya bertanding di kategori junior dan youth karena mereka masih anak-anak, namun oleh panitia dimasukkan kategori elit mens dan elit womens. Tapi tak masalah, untuk pengalaman mental bertanding sehingga mereka bisa lebih baik lagi ke depannya,” sambungnya. 

Dari ketiga petinju binaannya itu, lanjutnya, hanya Faiza yang sering mengikuti pertandingan di berbagai daerah. Sementara bagi Meyrisa, dia baru satu kali mengikuti pertandingan. Sementara untuk Angling Kusuma, ini adalah kali pertama adu jotos di event resmi. 

“Untuk Meyrisa dan Angling Kusuma, akan kita persiapkan mengikuti ajang Popda dan seleksi nasional, sedangkan Faiza untuk persiapan kualifikasi Pra Porprov Jateng,” tandasnya. 

Ditambahkannya, untuk pelaksanaan Popda dan Pra Porprov Jateng, masih menunggu kabar karena diundur terkait pandemi Covid-19. 

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas doa dan dukungan dari semua warga Kabupaten Brebes, sehingga mereka berhasil mengharumkan nama Brebes di luar daerah,” terangnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora) Fajar Adi Widiarso mengapresiasi atas raihan ketiga atlet tinju di ajang Wali Kota Cup Tasikmalaya. 

Menurutnya, dengan prestasi tersebut diharapkan nantinya akan tumbuh atlet-atlet baru di kota bawang merah ini. 

"Tentu dari dinas kita sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh mereka. Kita harapkan, ke depan akan semakin banyak prestasi yang diraih oleh atlet asal Brebes," singkatnya. (ded/ima)

Sumber: