Keren! DPKP Brebes Kelola Sampah Jadi Pupuk Organik

Keren! DPKP Brebes Kelola Sampah Jadi Pupuk Organik

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes mengelola sampah organik di lingkungan kantor menjadi pupuk. Hal itu dilakukan saat memperingati Hari Sampah Nasional (HSN) yang dilaksanakan di lingkungan kantor setempat, belum lama ini. 

Kepala DPKP Kabupaten Brebeals Yulia Hendrawati mengatakan, dalam memperingati HSN tahun ini, pihaknya memanfaatkan sampah organik yang ada lingkungan kantor untuk dijadikan pupuk. Apalagi, dalam HSN tahun ini bertemakan Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi. 

"Jadi kita manfaatkan sampah organik yang ada di sekitar kantor untuk dijadikan pupuk. Di mana, pupuk ini nantinya bisa bernilai ekonomi ataupun digunakan pribadi sebagai pupuk tanaman," ujarnya saat ditemui di kantornya, Selasa (9/3). 

Diungkapkannya, tidak hanya di lingkungan kantor saja pihaknya mengelola sampah menjadi pupuk. Melainkan, lewat penyuluh pertanian yang berada di 17 kecamatan se Kabupaten Brebes juga ikut melakukan hal yang sama. 

"Jadi peringatan HSN ini kita benar-benar mengelola sampah sebagai bahan baku ekonomi di tengah pandemi," ungkapnya. 

Karenanya, ke depan diharapkan masyarakat juga bisa memanfaatkan sampah organik untuk dikelola menjadi pupuk. Selain bisa memangkas biaya untuk membeli pupuk, pembuatan pupuk organik juga akan membantu pemerintah dalam menekan jumlah produksi sampah di Kabupaten Brebes. 

"Jika perlu pendampingan, kami siap membantu. Nantinya, penyuluh kami di tingkat pertanian akan memberikan pelatihan terkait pembuatan pupuk dari sampah organik," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: