Sungai Babakan Kembali Meluap, Sejumlah Desa di Kecamatan Ketanggungan Diterjang Banjir

Sungai Babakan Kembali Meluap, Sejumlah Desa di Kecamatan Ketanggungan Diterjang Banjir

Kondisi debit air Sungai Babakan saat ini mengalami peningkatan, Kamis (18/2). Bahkan, akibat meluapnya Sungai Babakan, ada beberapa desa di Kecamatan Ketanggungan yang saat ini sudah mulai terendam banjir. 

Sekretaris Desa (Sekdes) Cikeusal Lor, Kecamatan Ketanggungan Gilang Ningrum Kusumah mengatakan, saat ini wilayah tersebut masih diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Bahkan, saat ini debit air Sungai Babakan di wilayahnya sudah mulai masuk ke permukiman warga. 

"Hujan turun tadi sekitar pukul 16.35 WIB. Saat ini kondisinya masih turun hujan dan debit air Sungai Babakan sudah masuk ke pemukiman warga," ujarnya. 

Gilang menyebutkan, saat ini debit air sudah mulai masuk ke dua pedukuhan yang ada di Desa Cikeusal Lor. Dua pedukuhan itu yakni Dukuh Babakan dan Dukuh Campur. 

"Ketinggian airnya beda-beda. Yang jelas, banjir kali ini lebih besar dibanding hari kemarin (Rabu, Red)," jelasnya. 

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber hingga saat ini hujan masih turun di wilayah Brebes selatan. Selain Cikeusal Lor, di desa lainnya seperti Desa Cikeusal Kidul juga debit air Sungai Babakan sudah mulai limpas. 

Sementara itu, Anggota DPRD Brebes M. Rizki Ubaidilah mengatakan, saat ini sejumlah warga di wilayah perkotaan Kecamatan Ketanggungan sudah mulai siaga banjir. Terpantau, kata dia, hingga pukul 17.45 WIB, tinggi air di Bendungan Cisadap menuju angka 160. 

"Lagi tata-tata (sedang siap-siap). Debit airnya meningkat lebih cepat dibanding kemarin," ujarnya dengan singkat. (ded/ima)

Sumber: