Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono Pimpin Apeksi Komwil III

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono Pimpin Apeksi Komwil III

Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono SE MM secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) III di Hotel Harper Jogyakarta, Senin (1/2).

Dengan dikukuhkannya Dedy Yon oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat Apeksi Hj. Airin Rachmi Diany SH MH, maka putra sulung pengusaha H. Muhadi Setiabudi asal Brebes itu kini menduduki posisi sebagai Ketua Apeksi Komwil III Periode 2021-2024.

Dedy Yon mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para kepala daerah yang telah mempercayakan dirinya sebagai Ketua Komwil III Apeksi di Jogyakarta.

''Kami juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kehadiran para peserta musyawarah, terkhusus Ketua Umum Apeksi Hj. Airin Rachmi Diany yang juga merupakan Wali Kota Tangerang Selatan,'' katanya.

Harapan Dedy, seluruh Pemerintah Kota di Indonesia dapat bersinergi agar Indonesia menjadi negeri yang membawa kebahagiaan bagi seluruh masyarakatnya.

''Apeksi adalah forum yang terdiri dari 98 kota di daerah perkotaan yang bertujuan untuk membantu anggotanya dalam melaksanakan otonomi daerah dan menciptakan iklim kondusif bagi pembentukan kerjasama antarpemerintah daerah,'' ujarnya.

Saat ini, pemerintah telah berupaya menjaga ekonomi masyarakat dengan menghadirkan program jaring pengaman sosial dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai bentuk penanganan Covid-19. Respon cepat penanganan Covid-19 agar dapat menekan peningkatan penduduk miskin melalui banyak program, diantaranya sembako, PKH, subsidi listrik dan lainnya.

''Apeksi juga mengapresiasi langkah yang ditempuh pemerintah pusat dan mendukung agar implementasinya di daerah tepat sasaran. Apeksi akan senantiasi memberi masukan terutama masalah validitas data,'' ungkap Dedy.

Dedy mengaku terpilih sebagai Ketua Apeksi Komwil III merupakan tugas yang tak mudah. Sebab, harus bisa mengakomodir para kepala daerah yang notabene memiliki kesibukan dan kepentingan berbeda-beda.

''Saya tidak tahu kenapa terpilih sebagai Ketua Komwil III. Padahal secara umur jabatan sebagai walikota atau kepala daerah banyak yang lebih senior. Coba tanyakan pada kepala daerah lain, kenapa saya dipilih dan terpilih secara aklamasi dalam Ketua Apeksi Komwil III,'' ungkap Dedy tersenyum.

Sementara dalam sambutannya, Ketua Umum Apeksi Hj. Airin Rachmi Diany menyebut kenapa Dedy Yon Supriyono terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komwil III karena meski belum lama menjabat sebagai Wali Kota Tegal, namun Dedy Yon dinilai cepat dan aktif berkomunikasi di Apeksi.

''Wali Kota Tegal masih muda dan gagah. Kami berharap, dia bisa ikut andil dalam merangkul semua para kepala daerah yang ada untuk bisa bersama-sama melakukan pembangunan meski berada di tengah pandemi Covid-19,'' katanya. (gus/wan/zul)

Sumber: