Pandemi, Penyerahan 495 SK CPNS di Kabupaten Tegal Dilakukan Secara Virtual

Pandemi, Penyerahan 495 SK CPNS di Kabupaten Tegal Dilakukan Secara Virtual

Pemkab Tegal menyerahkan 495 Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara virtual di Pendapa Amangkurat. Sebagai perwakilan, ada 44 orang CPNS yang hadir dalam acara tersebut.

Plt kepala BKD Kabupaten Tegal Edi Budiyanto, Rabu (20/1) mengatakan, pada tahun 2019-2020, Pemkab Tegal menggelar rekrutmen yang diikuti 14.734 orang. Namun, yang lolos dan dilantik hingga mendapatkan Surat Keputusan (SK) hanya 495 orang. Penyerahan SK ini dilakukan secara virtual. Namun sebagai perwakilan, ada 44 orang CPNS yang hadir dalam acara tersebut. 

Jumlah kebutuhan PNS di lingkungan Pemkab Tegal sendiri sebenarnya 499 formasi. Namun hanya 495 yang terlengkapi, karena 4 formasi dinyatakan kosong akibat ketidaktersediaan pelamar dan tidak memenuhi kualifikasi. Adapun, rincian dari 495 formasi itu yakni, tenaga pendidik 308 orang, tenaga kesehatan 71 orang dan tenaga teknis lainnya 116 orang. 

"Jumlah pendaftar CPNS di Kabupaten Tegal tahun 2019/2020 ini mencapai 14.734 pelamar. Namun hanya 499 yang dibutuhkan, meski pada akhirnya hanya 495 yang mendapat SK itu artinya hanya 3,4 persen yang dinyatakan lolos," katanya.  

Proses penerimaan CPNS kali ini, tambah Edi Budiyanto, memang cukup panjang hingga 1 tahun. Hal itu karena ada pandemi Covid-19. Dirinya berharap, 495 orang yang lolos ini dapat memulai karirnya yang baik. Mereka akan bekerja pada 1 Februari 2021. 

"Semoga ke depan kita bisa bersama-sama mewujudkan visi misi Kabupaten Tegal yang sejahtera, mandiri, unggul, berbudaya dan berakhlak mulia," tambahnya. 

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah yang memimpin acara tersebut juga mengucapkan selamat kepada para peserta CPNS yang lolos dan telah menerima SK tersebut. Diharapkan, nantinya bisa bekerja dengan baik, melayani masyarakat, mengabdi dengan sepenuh jiwa dan setulus hati. 

Biasakan bekerja dengan senyum sapa dan salam dalam melayani masyarakat. Lakukan tugas pengabdian itu dengan tulus ikhlas. (guh/ima)

Sumber: