Sungai Meluap, Jalan Provinsi di Perbatasan Jateng dan Jabar Terendam Air

Sungai Meluap, Jalan Provinsi di Perbatasan Jateng dan Jabar Terendam Air

Alur sungai dangkal dan kondisi jembatan yang sudah pendek mengakibatkan banjir di Desa Luwunggede Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes, Minggu (10/1) malam. Bahkan, rendaman air itu sempat menggenangi ruas Jalan Provinsi antara Ketanggungan-Ciledug. 

Kepala Desa Luwunggede, Enggin mengatakan banjir terjadi karena kiriman dari wilayah selatan. Derasnya kiriman air itu menyebabkan luapan menggenangi  badan Jalan Provinsi Ketanggungan-Ciledug. 

"Banjir diperburuk kondisi sungiai yang sudah dangkal dan jembatan yang terlalu rendah," ujarnya. 

Enggin menyebutkan banjir tersebut juga sempat mengakibatkan kemacetan di ruas jalan tersebut. Bahkan, ada beberapa kendaraan yang nekat menerjang banjir di ruas jalan tersebut mengalami mati kendaraan (mogok). 

"Ruas jalan provinsi tersebut sering dilalui pengguna jalan. Bahkan, tadi ada yang nekad melintas saat banjir, sehingga kendaraannya mogok," ungkapnya. 

Dirinya berharap ada perhatian khusus dari pemerintah terkait hal tersebut. Pihaknya meminta ada normalisasi dan peninggian jembatan sehingga aliran sungai lancar dan tidak tersendat lagi. 

"Sebenarnya sudah kita usulkan normalisasi ke provinsi, namun hingga saat ini belum ada tanggapan," pungkasnya. (ded/zul)

Sumber: