Lewandowski Kalahkan Ronaldo dan Messi, Klopp Pelatih Terbaik

Lewandowski Kalahkan Ronaldo dan Messi, Klopp Pelatih Terbaik

Robert Lewandowski sukses menyabet trofi pemain terbaik FIFA 2020 dalam pemilihan yang berlangsung di Zurich, Swiss. Penyerang Bayern Muenchen itu, menggeser dua nama favorit, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Seperti diketahui, penyerang asal Polandia itu mampu mengoleksi 55 gol hanya dalam 47 laga di musim lalu. Tidak hanya itu, Lewandowski juga terlibat dalam kesuksesan tim raksasa Jerman itu, meraih tiga gelar sekaligus dalam campaign yang sama.

Tidak hanya itu, ia juga mengakhiri musim lalu sebagai top skorer di liga, cup dan Champions league.

“Memenangkan trofi seperti ini, dan menjadi bagian dari (persaingan) Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo itu berarti besar untuk saya. Ini pencapaian yang sangat luar biasa,” kata Robert Lewandowski kepada BBC Sport, Jumat (18/12).

Tadinya, lanjut pesepakbola 32 tahun itu, hal yang seperti ini, bahkan untuk dirinya, tidak lebih dari sebuah angan-angan di siang hari bolong. Namun setelah perjuangan berat yang ia lakukan bersama Muenchen, mimpi itu akhirnya tercapai di akhir tahun yang diwarnai oleh pandemi corona berkepanjangan ini.

“Saya jadi teringat pernah memimpikan sesuatu yang seperti ini terjadi pada saya. Dan sekarang ini bukan sekadar mimpi belaka, saya mampu memenangkannya. Trofi ini bernilai segalanya, tidak peduli dari mana asal saya. Yang terpenting dari semua ini, adalah usaha keras yang kita (sebagai pesepak bola) kerahkan untuk menggapainya,” sambungnya.

Reaksi serupa juga ditunjukan oleh Jurgen Klopp, yang dalam kesempatan itu kembali didapuk sebagai pelatih terbaik. Setelah sukses mengantar Liverpool Juara Champions League dua musim lalu, Klopp sukses menutup musim 2020 dengen trofi Premier League, sesuatu yang sudah puluhan tahun lamanya di nanti The Reds.

“Saya terkejut dengan hasil ini. Ada banyak orang yang ingin saya ucapkan rasa terima kasih saya ini, terutama para pelatih (di Liverpool). Jika saja saya tahu akan menang, mereka akan saya bawa untuk hadir di sini. Ini adalah buah dari hasil kerja keras kita di musim lalu,” ucap Jurgen Klopp dalam kesempatan yang berbeda.

Selain dua nama di atas, beberapa nama tenar lain dalam sepak bola Eropa juga mencicipi hasil dari kerja keras mereka di musim 2020 ini. Salah satunya penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, yang diganjar dengan trofi Puskas, atas gol solo indahnya ke gawang Burnley tahun lalu.

Sementara untuk kategori penjaga gawang pria terbaik, Manuel Neuer dari Bayern Muenchen menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Untuk menggondol trofi ini, Neuer harus bersaing dengan nama besar lainnya, seperti Jan Oblak dari Atletico Madrid dan Alisson Becker dari Liverpool. (ruf/gw/zul)

Sumber: