Tiga Aliran Sungai Meluap, 153 Rumah Terendam Banjir

Tiga Aliran Sungai Meluap, 153 Rumah Terendam Banjir

Hujan yang mengguyur wilayah selatan Kabupaten Brebes dengan intensitas sedang hingga tinggi memicu peningkatan debit air di tiga sungai. Akibatnya, air sungai meluap ke pemukiman warga di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Selasa (1/12) petang.

Data dari Satlak Penanggulangan Bencana (PB) Kantor Kecamatan Bantarkawung, terdapat sebanyak 830 jiwa terdampak banjir di wilayah RT 01, 02 0,3 RW 4 Dukuh Gempol Desa/Kecamatan Bantarkawung. Hal itu akibat rumah yang ditempati dari 153 Kepala Keluarga (KK) terendam banjir.

”Banjir akibat limpasan Sungai Cibungbung, Ciraja, dan Pemali yang mengalami peningkatan debit, setelah hujan turun lebih dari 4 jam. Mulai dari pukul 14.00 WIB,” terang Camat Bantarkawung Eko Supriyanto, Rabu (2/12).

Akibat sergapan air itu, tidak banyak warga yang bisa menyelamatkan barang-barangnya ketika banjir air bercampur lumpur memasuki rumah mereka. Dimana ketinggian air berkisar 50 hingga 100 sentimeter atau sepinggang orang dewasa.

”Kejadiannya beberapa saat menjelang datang waktu Salat Maghrib. Terdapat 65 orang atau 18 KK, terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Di antaranya adalah 12 orang lansia dan 21 balita,” katanya.

”Alhamdulilah warga yang sempat mengungsi sudah kembali. Namun, semua tim Penanggulangan Bencana dan Satgas relawan terus kami siagakan,” imbuhnya.

Limpasan air sungai juga sempat melumpuhkan jalur di jalan jalan Provinsi Bumiayu-Salem. Di mana arus air setinggi lebih dari 50 sentimeter menutup badan jalan.

Dengan demikian, kendaraan roda empat maupun roda dua tidak ada yang berani melintas. ”Puluhan hektare lahan pertanian yang baru saja di tanam oleh pemiliknya terdampak kerusakan akibat limpasan arus sungai ini,” kata Camat.

Hingga kini, Satlak PB Kecamatan Bantarkawung masih melakukan inventarisasi dampak yang ditimbulkan oleh banjir di wilayah Kecamatan Bantarkawung.

Beberapa sarana infrastruktur juga mengalami kerusakan. Antara lain, Jembatan Sungai Pemali wilayah Bangbayang hilir yang putus akibat diterjang banjir. Ambruknya talut pengaman SDN Waru 03 Kecamatan Bantarkawung , sehingga mangancam tiga lokal kelas.

Kades Bantarkawung Ahmad Rivai mengatakan, banjir besar baru kali pertama terjadi di wilayahnya tersebut. Bahkan banyak di antaranya warga yang tidak sempat menyelamatkan barang berharga karena air yang datang secara tiba-tiba.

”Sebelumnya, kalaupun ada genangan, tidak sampai masuk ke dalam rumah. Tapi kali ini, air bercampur lumpur tiba-tiba menyergap, di saat sebagian warga melaksanakan Salat Maghrib,” jelasnya.

Hinga kemarin siang sejumlah relawan gabungan termasuk dari wilayah Kecamatan Salem, BPBD Brebes, Pos Damkar Bumiayu dan lainnya, terus berupaya membersihkan sisa banjir berupa tanah lumpur dan sampah yang terbawa hanyut di sekitar pemukiman.

Koordinator Satlak PB BPBD Brebes wilayah selatan, Budi Sujatmiko mengatakan, selain membantu pemulihan pasca bencana, BPD Brebes juga menyalurkan bantuan logistik kepada warga yang sementara ini masih mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Sumber: