Klenteng Hok le Kiong, Menjaga Kebersamaan Antarumat Beragama

Klenteng Hok le Kiong, Menjaga Kebersamaan Antarumat Beragama

Ada pula ceramah kebangsaan yang disampaikan oleh Gus Nuril dengan dihadiri organisasi kepemudaan Islam. 

Pada 2019 silam, saat acara halalbilhalal, FSN yang dibentuk pihak klenteng juga menghadirkan Gus Faris Abbas dari Pondok Pesabntren Buntet Cirebon. Tidak kalah penting, Klenteng Hok Ie Kiong Slawi juga pernah mengadakan kirab akbar dengan dihadiri 35 klenteng dari luar kota. 

Kepanitiaannya melibatkan anak anak PMII,  IPPNU,  komunitas santri, komunitas jurnalis IBN, PHDI,  penghayat Manages, dan sebagainya. 

Terakhir, pada Juli 2020, klenteng mengadakan ceramah kebangsaan yang disampaikan Wantimpres Habib Lutfi dengan dihadiri perwakilan dari organsiasi kemahasiswaan keislaman, manages, PHDI, GKJ, Budha, dan Katolik.

Terpisah, Ketua Forum Komunikasi Kesatuan Bangsa L. Harnoko yang juga salah satu tokoh Tionghoa mengapresiasi yang dilakukan Apau. Menurut dia, klenteng selain menjadi tempat spiritual, juga peninggalan kebudayaan yang harus dijaga. 

Kegiatan yang dilakukan dengan menggandeng seluruh umat dari latar belakang berbeda agama itu harus dilestarikan. Dengan begitu, klenteng menjadi tidak asing bagi warga Kabupaten Tegal khususnya. (ADV/guh/ima)

Sumber: