Kasus Covid-19 di Pemalang Melonjak, Satgas Tambah 54 Ruang Isolasi di Rumah Sakit Rujukan

Kasus Covid-19 di Pemalang Melonjak, Satgas Tambah 54 Ruang Isolasi di Rumah Sakit Rujukan

Menyusul melonjaknya jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Pemalang, satgas daerah ini menambah sedikitnya 54 ruang isolasi di rumah sakit rujukan. 

Secara akumulasi, pasien positif virus corona di Kota Ikhlas kini mencapai 999 kasus. Rinciannya 554 sembuh, 64 pasien meninggal dunia, 341 pasien jalani isolasi mandiri, dan 35 orang masih dirawat intensif di rumah sakit.

Penambahan terbanyak diketahui berasal dari klaster perusahaan di Pemalang, yang mana 278 karyawannya terkonfirmasi terinfeksi Covid-19.

"Adanya penambahan kasus ini, Satgas Covid-19 melalui jajaran dinas kesehatan dan pengelola rumah sakit menambah kapasitas tempat tidur di sejumlah rumah sakit rujukan, alhamdulillah dari sebelumnya 70, saat ini sudah ada sekitar 124 tempat tidur," ujar Jurubicara Satgas Covid-19 Pemalang Tutuko Raharjo, Kamis (19/11).

Menurut Tutuko, penambahan ruang isolasi itu tidak hanya di rumah sakit milik pemerintah. Namun juga di sejumlah rumah sakit swasta yang menjadi rujukan. Beberapa ruangan yang sebelumnya digunakan untuk pasien umum, kini dialihfungsikan hanya untuk menangani pasien Covid-19. 

"Misalnya di Harapan Sehat yang sebelumnya 5 kamar kini tambah 10, selain itu RSUD menambah satu blok, yaitu Cucakrowo kini untuk pasien Covid-19," sambungnya.

Dia menambahkan, sampai saat ini berbagai upaya masih dilakukan untuk menekan perluasan Covid-19 di Pemalang. Termasuk melakukan tracing terhadap orang dekat pasien, maupun operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. (sul/ima)

Sumber: