Memasuki Musim Hujan, Tiga Sungai Besar di Pemalang ini Masih Berpotensi Banjir

Memasuki Musim Hujan, Tiga Sungai Besar di Pemalang ini Masih Berpotensi Banjir

Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang meminta masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai waspada datangnya banjir.

"Saat ini sudah mulai musim penghujan. Bahkan di wilayah selatan sering terjadi hujan dengan intensitas sedang. Untuk itu, bagi masyarakat yang berada di sepanjang aliran sungai- sungai besar untuk meningkatkan kewaspadaannya, sebab potensi terjadinya banjir masih ada," ujar Kepala BPBD Pemalang Wahadi, Kamis (12/11) kepada wartawan.

Wahadi menyebut, di Pemalang ada tiga sungai besar yang masih berpotensi banjir apabila intensitas hujan tinggi. Sungai tersebut antara lain Sungai Comal, Sungai Rambut dan Sungai Waluh.

Sedangkan untuk ancaman longsor, dari hasil pemetaannya, masih berada di wilayah Pemalang selatan. BPBD Pemalang pun menurutnya sudah menyiapkan peralatan menghadapi terjadinya bencana alam di musim penghujan.

"Kami siap siaga. Peralatan sudah dicek semua, ada posko penggulangan bencana.
TRC (Tim Reaksi Cepat) juga selalu siap," tambah Wahadi. 

Selain itu, pihaknya juga sudah menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat maupun pada tim relawan bencana agar masyarakat dalam menghadapi musim hujan tetap waspada. (sul/ima)

Sumber: