Delapan Pedagang Positif Covid-19, Pasar Randudongkal Pemalang Ditutup

Delapan Pedagang Positif Covid-19, Pasar Randudongkal Pemalang Ditutup

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pemalang menutup total Pasar Randudongkal selama dua hari, sejak Selasa (10/11) hingga Rabu (11-11) besok. 

Dua hari itu, segala aktivitas jual beli dihentikan sementara. Sebab pasar tradisional yang berada di wilayah Pemalang selatan itu akan diseterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan. 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Pemalang Tutuko Raharjo membenarkan penutupan pasar tersebut. Menurutnya, Pasar Randudongkal ditutup sebagai langkah antisipasi, menyusul delapan pedagang setempat terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Ada delapan pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19, dan untuk sementara Pasar Randudongkal ditutup dua hari," ujarnya, Selasa (10/11).

Delapan pasien dari klaster pasar itu, saat ini masih menjalani perawatan isolasi. Satgas kemudian melakukan tracing terhadap beberapa pedagang maupun kerabat yang pernah menjalin kontak dengan pasien untuk diambil sampel lendir atau swab. 

Terpisah, Kepala Diskoperindag Pemalang Hepi Priyanto mengatakan, sudah dua pasar besar di Kabupaten Pemalang yang sempat ditutup total lantaran terdapat pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Yaitu Pasar Pagi Pemalang beberapa waktu lalu, dan kini Pasar Randudongkal. 

Penutupan Pasar Randudongkal menurutnya berjalan tertib. Sebab sebelum penutupan, pedagang juga sudah diberikan surat edaran. 

"Insya Allah semua tertib, kan untuk kepentingan bersama," ujar Hepi. (sul/ima)

Sumber: