Penyebaran Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Operasi Yustisi Digelar Tiga Kali Sehari sampai Malam

Penyebaran Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Operasi Yustisi Digelar Tiga Kali Sehari sampai Malam

Operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (prokes) di Kabupaten Pemalang digelar tiga kali sehari. Pengetatan operasi itu utamanya dilakukan di wilayah dengan kasus penularan Covid-19 tinggi, seperti di Kecamatan Taman.

"Untuk di Kecamatan Taman, kami menggelar operasi yustisi sehari tiga kali, dari pagi, siang, dan malam hari," ujar Camat Taman, Bagus Mukti Wibowo. 

Wibowo menyebut, per Senin (9/11) malam, jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di wilayahnya mencapai 176 kasus. Rinciannya 138 sembuh, 16 masih menjalani isolasi, dan 24 pasien meninggal dunia.

Untuk menekan penularan itu, operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan pun diperketat tiga kali dalan sehari. Operasi menyasar pengunjung beberapa tempat keramaian dan pengendara di jalan umum.

Operasi itu digelar dengan melibatkan Polsek, Koramil, Seksi Ketentraman dan Keteriban (Trantib) Kecamatan Taman, dan sejumlah organisasi masyarakat. 

"Setiap hari, saat operasi, pasti ada warga yang terjaring razia. Ini artinya kesadaran masyarakat penerapan protokol kesehatan masih perlu ditingkatkan," sambungnya. 

Selama dua jam operasi, Senin (9/11) malam, sebanyak 16 warga yang terjaring razia. Para pelanggar diberi sanksi sosial menyapu jalan ataupun membacakan butir-butir Pancasila.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Pemalang Tutuko Raharjo membenarkan tingginya kasus covid-19 di Taman. Menurutnya penularan Covid-19 di Kecamatan Taman masih dominan. 

"Untuk di kecamatan taman masih paling tinggi," ujarnya. 

Adapun jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Pemalang secara akumulasi mencapai 698 kasus. Uraianya 153 orang masih menjalawai perawatan, dan pasien meninggal 53 orang. Sisanya sudah dinyatakan sembuh. (sul/zul)

Sumber: