Siap Putihkan Jakarta saat Habib Rizieq Pulang, Polri Ingatkan Pendukung Supaya Tertib

Siap Putihkan Jakarta saat Habib Rizieq Pulang, Polri Ingatkan Pendukung Supaya Tertib

Sementara Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono mengimbau agar para pendukung yang akan menjemput kedatangan Rizieq bersikap tertib. "Kami mengimbau kepada para pengikutnya, pendukungnya agar melaksanakan penjemputan dengan tertib," ujarnya.

Hal tersebut penting agar proses penjemputan di Bandara Soekarno Hatta tidak mengganggu ketertiban umum mengingat bandara merupakan fasilitas publik. Massa pendukung juga diingatkan menerapkan protokol kesehatan.

Ditegaskannya, Polri akan melakukan penertiban jika penjemputan bisa mengganggu ketertiban umum. "Nanti kalau situasi tidak memungkinkan, tentunya Polri juga akan turun tangan untuk melakukan pengamanan secukupnya," tuturnya.

Terkait perkara yang membelit Rizieq, Awi mengatakan, akan berkoordinasi dengan penyidik yang menangani kasusnya. "Perkara HRS sedang kami koordinasikan ya, bagaimana hasilnya nanti kami tunggu dari penyidik," katanya

Awi tidak menjabarkan secara detail apa saja kasus yang menjerat Habib Rizieq. Namun, pihaknya akan mengeceknya dengan cara berkoordinasi dengan penyidik yang menangani setiap kasus.

"Nanti, masih dikoordinasikan. Satu-satu kita lihat bagaimana," jelasnya.

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus menyebut pihaknya tak menyiapkan pengamanan khusus terkait kepulangan Rizieq Shihab.

"Ya pertama kalau dia pulang ya silakan saja kalau memang mau pulang. Pengamanan khusus tidak ada, sama saja seperti biasa," katanya.

Namun jika massa yang menyambut kedatangan Rizieq membludak di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, aparat kepolisian akan menyiapkan pengalihan arus lalu lintas yang bersifat situasional.

"Kalau memang nanti ramai kita akan turun bantu pengamanan lalu lintasnya kalau massanya ramai, kan situasional nanti," ujarnya. (gw/zul/fin)

Sumber: