Desa Kalisapu dan Penusupan Terbanyak Kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal

Desa Kalisapu dan Penusupan Terbanyak Kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal

Desa Kalisapu Kecamatan Slawi dan Desa Penusupan Kecamatan Pangkah 
Kabupaten Tegal tercatat sebagai desa terbanyak yang warganya terkonfirmasi positif Covid-19. 

Hal itu dikatakan Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tegal Joko Wantoro, Selasa (3/11).

Kata Joko, kasus Covid-19 terbaru di Desa Kalisapu sebanyak 11 pasien. Mereka didominasi usia muda. Kemudian di Desa Penusupan sebanyak 8 kasus baru. Sejauh ini, dinas kesehatan sudah melakukan swab terhadap 200 orang warga Desa Penusupan.

"Kalau jumlah total pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal sebanyak 801 orang. Itu data per hari Minggu kemarin," katanya.

Dari jumlah tersebut, tambah Joko, 552 orang di antaranya sudah sembuh. Sedangkan yang meninggal dunia 53 orang. Adapun pasien yang masih dirawat di rumah sakit, jumlahnya 53 orang.

Sementara yang menjalani isolasi mandiri 143 orang. Mereka melakukan isolasi mandiri karena klinisnya baik dan tidak memiliki penyakit penyerta. 

Dengan bertambahnya kasus tersebut, dirinya mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Utamanya memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak. 

"Klaster Covid-19 di Kabupaten Tegal sudah banyak. Mulai dari klaster keluarga, pendidikan, perkantoran hingga pasar," tambahnya.

Untuk itu, lanjut Joko, pada seluruh masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan. Memakai masker kalau akan keluar rumah dan mencuci tangan serta menjaga jarak. Hal itu harus dilakukan masyarakat agar penyebaran virus corona dapat ditekan. (guh/ima)

Sumber: