Usai Libur Panjang, Kasus Covid-19 di Pemalang Melonjak, 5 di Antaranya Meninggal Dunia

Usai Libur Panjang, Kasus Covid-19 di Pemalang Melonjak, 5 di Antaranya Meninggal Dunia

Usai libur panjang, penularan virus corona di Pemalang kian melonjak. Hari ini, Selasa (3/11) dilaporkan terdapat 83 orang yang terkonfirmasi terpapar Covid-19, dan 5 orang di antaranya meninggal dunia.

"Melanjutkan kegiatan tracing dan testing, Satuan Tugas (Satgas) kembali melaporkan adanya penambahan penemuan kasus baru orang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 83 orang dan 5 orang di antaranya wafat," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Pemalang Tutuko Raharjo melalui siaran pers tertulisnya.

Ia menguraikan, puluhan pasien tersebut terdiri dari 38 laki-laki dan 45 orang perempuan. Beberapa di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Pemalang Mardiyanto mengatakan, lonjakan kasus itu terjadi karena meningkatnya aktivitas perjalanan orang luar kota maupun pulang ke kampung halaman saat libur panjang kemarin. Kondisi ini pula yang menurutnya muncul klaster baru.

"Beberapa wilayah yang sebelumnya hijau, juga sekarang terjadi penularan Covid-19, seperti di Pemalang selatan," ujarnya. 

Dari rilis Satgas Covid-19 Pemalang, penambahan pasien di wilayah Pemalang selatan paling banyak terjadi di Kecamatan Randudongkal, dengan penambahan kasus baru sebanyak 16 orang dan satu pasien di antaranya meninggal dunia. 

Selain penambahan itu, Satgas juga menginformasikan terdapat 56 pasien yang sudah dinyatakan sembuh. Dengan demikian, secara akumulasi kasus Covid-19 di Pemalang sebanyak 599 orang, dengan rincian 462 pasien sudah sembuh, dan 48 orang meninggal dunia. (sul/ima)

Sumber: