Bertambah Dua, Pedagang Pasar Kupu di Kabupaten Tegal yang Positif Covid-19 Jadi Lima Orang

Bertambah Dua, Pedagang Pasar Kupu di Kabupaten Tegal yang Positif Covid-19 Jadi Lima Orang

Jumlah pedagang di Pasar Kupu Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah banyak, Kamis (29/10) kemarin. Dari hasil swab massal tahap pertama yang dilakukan UPTD Puskesmas Kupu, ada tambahan dua orang pedagang yang terpapar virus corona.

Kepala UPTD Pasar Kupu Sudirman mengungkapkan, Rabu (28/10) malam, diberi kabar oleh puskesmas, ada penambahan dua pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebelumnya saat swab massal pertama 19 Oktober, tiga pedagang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. “Jadi, total hasil swab tahap pertama yang terkonfirmasi ada lima pedagang," ujarnya, Kamis (29/10) kemarin.

Dia mengakui dalam swab tahap kedua diikuti 36 pedagang yang belum sempat menjalani swab di tahap pertama. Hingga saat ini, bebernya, aktivitas di pasar masih berjalan normal.

Untuk menutup atau menghentikan pasar dalam kurun waktu tertentu, sepenuhnya menjadi kewenangan Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tegal. Hingga saat ini kami belum mendapatkan informasi terkait rencana ada tidaknya upaya menutup pasar untuk sementara waktu.

“Kami merangkul paguyuban pedagang untuk memberikan informasi jika ada pedagang yang terpapar. Ini penting, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” terangnya.

Terpisah, Camat Dukuhturi Muhtarom menyatakan, langkah koordinasi dengan pemerintah desa dan puskesmas setempat sudah dilakukan. Misalnya dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di pasar tersebut.

“Kita terus komunikasi dengan semua pihak,” pungkasnya. (her/gun/zul)

Sumber: