Khabib Nurmagomedov Akhiri Kariernya: Saya Berbicara dengan Ibu dan Berjanji ini yang Terakhir

Khabib Nurmagomedov Akhiri Kariernya: Saya Berbicara dengan Ibu dan Berjanji ini yang Terakhir

Setelah mengalahkan Justin Gaethje hari ini di Abu Dhabi, petarung UFC asal Rusia, Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun.

Setelah ayahnya meninggal Juli lalu, ia sudah berjanji akan berhenti kepada sang ibu 

Petarung berusia 32 tahun itu mengalahkan Justin Gaethje dengan kuncian di babak kedua untuk mempertahankan gelar kelas ringannya di UFC 254.

Khabib langsung mengonfirmasi pengunduran dirinya dari olahraga tersebut.

“Ini adalah pertarungan terakhir saya, ketika UFC menelepon saya tentang Justin, saya berbicara dengan ibu saya, saya berjanji kepadanya bahwa ini akan menjadi pertarungan terakhir saya. Saya harus menepatinya,” kata Khabib di Independent.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Lorenzo (Fertita), Dana (White), Hunter (Campbell). Terima kasih untuk semua tim UFC ini, semua orang di seluruh dunia. Terima kasih banyak, Justin, kamu banyak membantuku. Aku tahu kamu pria yang hebat. Saya tahu banyak hal tentang Anda. Rekan satu tim saya, saya sangat mencintaimu,” lanjutnya.

Khabib memiliki rekor 29-0. Ia mengalahkan seluruh petarung hebat, termasuk Conor McGregor dan Dustin Poirier. The Notorious, julukan McGregor yang sempat terlibat perseteruan panjang dengan Khabib setelah perkelahian massal tim usai berduel di UFC 229 pada 2018 silam akan menghadapi Poirier Januari mendatang.

Seperti McGregor, Khabib juga sudah mengalahkan Poirier. 

“Hari ini adalah pertarungan terakhir saya di UFC. Itu mimpi ayahku, apa lagi? McGregor dan Poirier bertarung di bulan Januari, saya mencekik keduanya, saya tidak tertarik dengan ini (pertarungan ulang),” tegas Khabib.

McGregor menanggapi pernyataan Khabib dan duelnya dengan Gaethje lewat tulisan di Twitter: “Performa bagus Khabib. Saya akan melanjutkan. Juga hormat dan duka untuk ayahmu. Untuk Anda dan keluarga. Hormat saya, The McGregors,” tulis McGregor.

Presiden UFC Dana White sendiri yakin pengumuman pensiun Khabib Nurmagomedov di UFC 254 sudah tidak akan berubah. 

“Saya (berpikir dia akan tetap pensiun). Apa yang orang ini lalui – kita semua beruntung bisa melihatnya bertarung malam ini,” kata White dikutip dari MMA Junkie.

Menurut White, ia mendengar desas-desus tentang Khabib. 

“Rupanya dia di rumah sakit – kakinya patah tiga minggu lalu. Jadi dia memiliki dua jari kaki yang patah dan satu tulang yang patah di kakinya. Dia adalah salah satu manusia yang paling tangguh di planet ini dan dia adalah petarung nomor satu di dunia. Serius, Anda harus mulai menempatkannya di sana dengan status GOAT,” tegasnya.

Sumber: