Imbas Pedagang Terpapar Covid-19, Pasar Margasari Kabupaten Tegal Libur Tiga Hari untuk Disterilkan

Imbas Pedagang Terpapar Covid-19, Pasar Margasari Kabupaten Tegal Libur Tiga Hari untuk Disterilkan

Pasar Margasari disemprot disinfektan pada seluruh bagian oleh tim dari PMI Kabupaten Tegal. Selain disterilkan, Pasar Margasari juga dipasang police line atau garis polisi. 

Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo, Selasa (20/10) mengatakan, penyemprotan 
dilakukan oleh petugas Palang Merah Indonesia sejak hari Sabtu (17/10). 
PMI menerjunkan lima orang petugas untuk menyemprot cairan disinfektan di Pasar Margasari. 

"Pasar Margasari diliburkan tiga hari. Makanya kami lakukan disinfektan di semua ruangan pasar," katanya.

Petugas dari PMI, tambah Iman Sisworo, 
melakukan penyemprotan di seluruh bagian pasar, termasuk di area parkir dan toilet serta lapak pedagang. Tujuan penyemprotan ini, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebab telah terjadi klaster pedagang di pasar tersebut. Jumlah pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 4 orang. 

Mereka berdomisili di wilayah Kecamatan Margasari. Yaitu, seorang laki-laki berinisial T (57) warga Desa Karangdawa, seorang perempuan berinisial F (63) warga Desa Margasari, dan dua orang perempuan warga Desa Prupuk Selatan berinisial LK (32) dan R (68).

"Empat orang itu saat ini sedang menjalani isolasi mandiri dan dalam pengawasan dari tenaga medis puskesmas," tambahnya.

Selain Pasar Margasari, lanjut Iman, PMI juga menyemprot cairan disinfektan di Pasar Bojong dan Pasar Banjaranyar. Kendati disemprot, tetapi para pedagang di dua pasar tersebut tetap beraktivitas. Hal itu lantaran mereka terbebas dari klaster. 

Sedangkan Pasar Margasari, terpaksa harus ditutup sementara selama 3 hari.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah mengimbau kepada seluruh masyarakat supaya patuh terhadap protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun. 

Jika diketahui ada warga yang tidak pakai masker, terpaksa harus menerima hukuman sosial atau administrasi.

"Cegahlah virus corona dengan memakai masker. Termasuk juga jaga jarak dan rajin cuci tangan pakai sabun," tandasnya. (guh/ima)

Sumber: