Empat Pedagangnya Positif Covid-19 dan Jadi Klaster Baru, Pasar Margasari Ditutup Tiga Hari

Empat Pedagangnya Positif Covid-19 dan Jadi Klaster Baru, Pasar Margasari Ditutup Tiga Hari

Pasar Margasari di Desa Margasari, Margasari, Kabupaten Tegal ditutup tiga hari mulai, Minggu-Selasa (18-20/10) besok. Salah satu pasar tradisional di tepi Jalur Tegal-Purwokerto itu ditutup, karena muncul klaster pedagang di pasar tersebut.

Tim Satgas Covid-19 Puskesmas Margasasi Imron mengatakan temuan kasus positif Covid-19, berawal dari salah seorang pedagang pasar berjenis kelamin pria beinisial T. Saat ini, pedagang tersebut sedang menjalani perawatan di RSUI Harapan Anda Kota Tegal.

"Usai dapat laporan dari rumah sakit, kami langsung tracking ke keluarganya dan Pasar Margasari. Dari 10 orang yang menjalani swab, kami menemukan 2 orang yang posiitif,” ujarnya.

Selang beberapa hari, tim nakes Puskesmas Margasari kembali mendapatkan laporan adanya seorang pedagang Pasar Margasari yang dinyatakan posiitif. Yakni pedagang perempuan berinisial S.

S sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Hasil rapid testnya reaktif, begitu pula dengan tes swabnya juga positif. Setelah dilakukan tracking di pasar, ditemukan lagi dua pedagang yang juga dinyatakan positif.

“Kemudian dilakukan tracking ke anggota keluarga dan kontak eratnya sebanyak 18 orang. Setelah hasil laboratoriumnya keluar, dari 10 orang tersebut lima orang dinyatakan positif,” ungkapnya.

Ditegaskan dari hasil penelusuran lanjutan, sempat diketahui anak dari salah seorang pedagang itu bekerja di salah satu mini market di Desa Margasari.

"Kami sempat mendapat penolakan, ketika hendak melakukan tracking dari pihak mini market. Haparan kami, mini market tersebut juga ditutup sementara selama tiga hari untuk dilakukan sterilisasi. Namun rupanya dari pengelola keberatan,” ungkapnya.

Terpisah, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal dr Joko Wantoro mengungkapkan ada klaster penularan Covid-19. Sehingga Pasar Margasari ditutup sementara dan akan dibuka lagi, Rabu (21/10) lusa," katanya, Minggu (18/10).

Dibeberkan juga, ada empat orang pedagang Pasar Margasari yang terkonfirmasi virus Corona. Mereka berdomisili di wilayah Kecamatan Margasari.

Antara lain seorang laki-laki berinisial T (57), warga Desa Karangdawa, seorang perempuan berinisial F (63), warga Desa Margasari, dan dua orang perempuan warga Desa Prupuk Selatan berinisial LK (32) dan R (68).

"Keempat orang itu saat ini sedang menjalani isolasi mandiri," ujarnya. (radartegal/zul)

Sumber: