Keren Nih! SMK Astrindo Kota Tegal Gandeng Garudafood dan Lapan untuk Mbangun Desa

Keren Nih! SMK Astrindo Kota Tegal Gandeng Garudafood dan Lapan untuk Mbangun Desa

SMK Astrindo Kota Tegal tengah menjalankan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerjasama dengan Kementerian Desa. 

Program ini dirancang untuk meningkatkan local wisdom di desa. Selain itu salah satu tujuan dari program ini adalah menahan lulusan desa pergi dan mencari pekerjaan ke kota. 

"SMK Astrindo sebelumnya telah melaksanakan upskilling guru dan karyawan pada hari Jumat, 9 Oktober 2020 dengan pembicara Dr Marlock selaku pemerhati SMK," ungkap Kepala SMK Astrindo Kota Tegal Suswono MKom, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/10). 

Menurutnya, upskilling ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dan karyawan dalam mendorong program SMK Mbangun Desa. Adanya upskilling ini memperluas wawasan bagi para guru dan karyawan untuk keberlangsungan SMK. 

Terkait program ini, di hari berikutnya, Sabtu, 10 Oktober 2020, SMK Astrindo melaksanakan kegiatan kerja sama mengikat antara Desa Kepandean, Garuda food, dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). 

BERI SAMBUTAN- Pemerhati SMK Dr Marlock memberikan sambutan pada acara penandatangan kerja sama SMK Astrindo dengan Garudafood dan Lapan. (dok.smk astrindo) 

Kerja sama ini dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Dukuhturi, perwakilan dari Desa Jatilawang dan Padaharja, Dinas Pertanian kecamatan Dukuhturi, Dr Marlock, dan staf dari Kelurahan Kepandean. 

"Adanya kegiatan ini diharapkan akan menumbuhkan potensi desa di Kepandean dan akan diperluas di desa-desa lainnya," ujar Suswono. 

SMK Astrindo juga bekerjasama dengan Garudafood untuk penanaman benih kacang di lahan desa-desa yang akan bekerja dengan SMK Astrindo. Selain itu, SMK Astrindo menggandeng pihak Lapan untuk pengembangan teknologi berupa sistem penyemprotan pupuk menggunakan drone.  

"Adanya kerja sama ini kita semakin tampil percaya diri untuk menjadi self center of excellence," tandas dia. (adv/ima)

Sumber: