Tiga Rumah Sakit Provinsi Jawa Tengah Dapat Tambahan Belanja Langsung

Tiga Rumah Sakit Provinsi Jawa Tengah Dapat Tambahan Belanja Langsung

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2020, terdapat tambahan belanja langsung sebanyak Rp190.400.000.000 yang dialokasikan untuk tiga rumah sakit milik Provinsi Jawa Tengah yaitu RSUD dr Moewardi, RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, dan RSUD Dr RM Soedjarwadi. 

Juga tambahan untuk belanja langsung sebanyak Rp19.373.053.000 organisasi perangkat daerah yang dialokasikan ke Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Peternakan Kesehatan Hewan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Sekretariat BPBD, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, dan Satpol PP. 

Hal itu sesuai penetapan
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2020. Ketetapan tersebut diputuskan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jawa Tengah, Jumat (11/9).

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Jawa Tengah Bambang Kusriyanto dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ketetapan diputuskan setelah masing-masing fraksi menyampaikan pendapat akhir atas Raperda tentang Perubahan APBD Tahun 2020 dan mendengar laporan badan anggaran terkait RAPBD perubahan tahun 2020.

"Dengan telah disetujui rancangan keputusan tersebut maka sekaligus ditetapkan sebagai keputusan DPRD Jawa Tengah dengan nomor 23 tahun tahun 2020," kata Pimpinan Rapat Ketua DPRD Jawa Tengah Bambang Kusriyanto.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, setelah adanya ketetapan itu, APBD perubahan ini bisa segera dilaksanakan. 

"Mudah-mudahan semua pekerjaan sampai akhir tahun dapat dilaksanakan sesuai yang sudah diprogramkan dalam APBD perubahan." 

"Selanjutnya sesuai tahapan dan mekanisme Raperda ini akan segera disampaikan ke mendagri untuk dilakukan evaluasi yang membutuhkan waktu 15 sejak dokumen itu diterima sebelum ditetapkan menjadi perda. Oleh sebab itu, kami mohon dukungan dan kerja sama pimpinan dan seluruh anggota dewan agar prosesnya bisa berjalan lancar," katanya saat rapat. (*/ima)

Sumber: