Kasus Terus Meningkat, DPRD Minta Satgas Covid-19 Kabupaten Brebes Lebih Serius

Kasus Terus Meningkat, DPRD Minta Satgas Covid-19 Kabupaten Brebes Lebih Serius

Jumlah kasus virus corona (Covid-19) di Kabupaten Brebes terus mengalami kenaikan. Hingga, Selasa (1/9), jumlah pasien covid-19 di Kabupaten Brebes mencapai 99 kasus.

Jumlah pasien positif Covid-19 di Brebes yang terus mengalami kenaikan menjadi perhatian serius oleh Pansus Covid-19 DPRD Kabupaten Brebes. Pansus meminta Satgas Covid-19 lebih serius dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Brebes.

"Jumlah kasusnya hampir mencapai 100 orang. Jadi Satgas Covid-19 Kabupaten Brebes harus serius dalam pencegahan penularan virus corona ke yang lain," ujar Anggota Pansus DPRD Brebes M. Rizki Ubaidilah.

Dalam kesempatan itu, dirinya meminta persiapkan fasilitas dan infrastruktur terkait lonjakan kasus covid-19 di Brebes. Di antaranya, seperti ruangan baik ruang isolasi, alat medis seperti ventilator dan upgrade alat swab agar dapat menyelesaikan spesimen lebih banyak dan cepat.

"Selain itu, siapkan juga bantuan kepada keluarga yang terpapar Covid-19. Karena isolasi atau dirawat jelas secara ekonomi mereka berhenti atau minimal hilang pendapatan keluarga 40-50%," jelasnya.

Dan satu lagi, kata dia, jangan lupakan tenaga medis. Salah satunya, menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap dan jaminan kepada tenaga kesehatan (nakes) agar mereka bisa memberikan kerja secara maksimal.

"Bila perlu, bikin aturan sangsi untuk kerumunan masyarakat seperti pasar, pengajian, pasar moderen, pabrik yang tidak memnuhi protokol kesehatan (tidak pakai masker). Jadi wajib pakai masker," tegas politisi PDI Pejuangan tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota Pansus Covid-19 DPRD Brebes lainnya Wamadiharjo. Dirinya meminta ada penganan yang cepat terkait pencehanan dalam penyebaran Covid-19 di Kabupaten Brebes.

"Laksanakan protokol kesehatan, jalani aturan protokol yang ada," singkatnya.(ded/zul)

Sumber: