Khawatir Tertular Virus Covid-19, Pemerintah Desa di Brebes Bagikan Ribuan Masker

Khawatir Tertular Virus Covid-19, Pemerintah Desa di Brebes Bagikan Ribuan Masker

Pemerintah Desa (Pemdes) Rungkang Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, Minggu (30/8) membagikan ribuan masker ke masyarakat setempat. Pembagian tersebut menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat terkait hal itu.

Kepala Desa (Kades) Rungkang Untung Surodi mengatakan, sedikitnya ada 9.500 yang akan dibagikan oleh pihaknya secara serentak. Dalam pembagian masker tersebut dibantu oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), pemerintah desa dan relawan penanganan dan pencegahan virus corona (Covid-19) desa setempat.

"Total ada 9.500 masker yang kita bagikan nanti ke masyarakat," ungkapnya saat ditemui usai pembagian masker.

Untung menjelaskan, masker yang diberikan ke masyarakat merupakan masker kain yang diinstruksikan oleh pemerintah pusat. Program pembagian masker kepada seluruh warga Desa Rungkang tersebut bersumber dari Dana Desa (DD).

"Pemberian masker ini tidak lain sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Brebes, khususnya di Desa Rungkang," jelasnya. 

Karenanya, dirinya berharap kepada masyarakat yang telah mendapatkan masker untuk selalu dipakai saat bepergian keluar rumah. Selain itu, dirinya juga mengingatkan kepada warganya untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Jadi wajib pakai masker. Jika bepergian ke pasar atau ke luar rumah harus gunakan masker," pungkasnya.

Seperti diketahui, total hingga saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus mengalami peningkatan. Per hari ini, jumlah tersebut mencapai 93 kasus. Jumlah itu terdiri dari 61 orang dinyatakan sembuh, 19 orang dirawat, 10 isolasi mandiri dan tiga orang dilaporkan meninggal dunia. (ded/ima)

Sumber: