Jokowi: Januari 2021, Vaksin Covid-19 Akan Mulai Disuntikkan ke Warga

Jokowi: Januari 2021, Vaksin Covid-19 Akan Mulai Disuntikkan ke Warga

Sebagai bagian dari komunitas ilmiah dunia, Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dan menorehkan kontribusi dalam penanganan pandemi COVID-19. Partisipasi itu melalui berbagai hasil riset dan inovasi Indonesia.

Termasuk pengumpulan data urutan genom dari virus SARS-CoV-2 yang beredar di Indonesia. "Yang sekarang jadi fokus kita semua adalah berlomba mencari vaksin," tuturnya.

Dalam memahami karakteristik virus Corona penyebab COVID-19, diperlukan penelitian yang berkelanjutan. Termasuk penelitian genomik. Karena masih banyak hal yang belum diketahui tentang virus SARS-CoV-2.

Herawati menuturkan Indonesia tidak tertinggal dalam penelitian genomik. "Kita tidak ketinggalan dalam mengungkap informasi genetik manusia Indonesia. Bahkan data kita justru digunakan untuk mempelajari bagaimana migrasi dari leluhur dan migrasi dari penyakit dibawa dari satu tempat ke tempat lain," terangnya.

Indonesia, lanjutnya, memiliki data, kemampuan dan infrastruktur yang baik dalam menunjang kegiatan penelitian dan pengembangan. Dia menambahkan pandemi COVID-19 tidak bisa ditangani sendiri. Tetapi perlu kolaborasi dan berbagi pengalaman. (rh/zul/fin)

Sumber: