Messi Galau, Tiga Klub Dikait-kaitkan Dengan Masa Depannya

Messi Galau, Tiga Klub Dikait-kaitkan Dengan Masa Depannya

Musim 2019/2020 boleh jadi adalah momen kebersamaan terakhir Barcelona dengan Lionel Messi. Sang superstar sudah menyatakan bahwa masa depannya mungkin bukan lagi di Camp Nou.

Striker berusia 33 tahun itu menghabiskan seluruh karirnya di Camp Nou. Namun, dengan klub sekarang dalam kondisi krisis, dia diklaim bisa pindah. Ada tiga klub yang disebut-sebut bisa menjadi tujuan peraih enam Ballon d’Or tersebut, yakni Manchester City, Paris saint Germain (PSG), dan Inter Milan.

Ini bukan isapan jempol belaka. Laporan di Spanyol menyebutkan bahwa sang kapten sudah memberi tahu pelatih baru Barca, Ronald Koeman bahwa dia serius mempertimbangkan masa depannya di Barcelona.

Menurut Stasiun Radio RAC1, penyerang Argentina itu mengadakan pembicaraan dengan Koeman kemarin. Dalam pertemuan itu, Messi mengatakan kepada pelatih asal Belanda tersebut bahwa dia terlihat lebih memungkinkan untuk keluar daripada tetap di klub.

Tapi, tentu tidak gampang bagi klub manapun untuk membajak Messi. Pemain kelahiran Rosario, Argentina itu juga paham sulit baginya untuk pergi karena kontraknya. Seperti diketahui, Messi menerima gaji tahunan 64,2 juta poundsterling atau sekitar Rp1,2 triliun.

Angka itu sebagaimana dikutip dari laporan 90min membuat La Pulga, julukan Messi, jauh dari jangkauan sebagian besar klub di seluruh dunia. Terutama di tengah pandemi virus korona. Namun, juga bukan sesuatu yang mustahil.

Tiga klub peminat Messi disokong dana yang sangat besar. Dan kalau ingin memboyong Messi, mereka pasti tidak akan ragu merogoh kocek. Apalagi, Messi bukan hanya akan menguras keuangan mereka, namun juga bisa menjadi sumber pendapatan karena nama besarnya.

Meksi demikian, Barca masih punya “senjata” lain untuk menahan Messi di Camp Nou. Menurut laporan MARCA kemarin, keputusan Messi tidak sepenuhnya didasarkan pada sepak bola makanya pemain bernama lengkap Lionel Andrés Messi Cuccittini itu belum membuat keputusan.

Mengakhiri 20 tahun kebersamannya di Camp Nou memang tidaklah mudah. Messi, istrinya Antonella dan tiga anak mereka semuanya tumbuh dan menetap di Barcelona. Selain itu, Leo juga selalu bermimpi mengakhiri kariernya di Barcelona yang memang sangat dicintainya.

Koeman sendiri berharap Messi akan bertahan. “Dia adalah pemain terbaik di dunia, dan Anda selalu ingin dia ada di tim Anda. Dari pihak saya, sebagai pelatih, saya suka bekerja dengan Messi karena jika tampil, dia ingin memenangkan pertandingan. Saya akan senang jika dia ingin bertahan,” kata Koeman.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu sebelumnya mengungkapkan pilar proyek Koeman adalah Messi. "Dia memiliki kontrak hingga 2021. Saya berbicara dengannya secara teratur dan dia tahu ada proyek dengan pelatih baru di sini,” jelas Bartomeu.

Messi mulai akrab dengan spekulasi soal masa depannya setelah kekalahan menyakitkan dari AS Roma di Liga Champions tiga musim lalu. Ia semakin tidak nyaman ketika Liverpool kembali mengulang drama menyakitkan mereka di babak semifinal musim lalu.

Puncak frustasi Messi muncul setelah mereka kalah 2-8 dari Bayern Munchen pekan lalu. Hasil memalukan itu membuat Barca untuk pertama kalinya dalam 11 tahun gagal menutup musim dengan satu pun gelar.

Kekalahan terburuk dalam sejarah Barcelona itu membuat Messi sangat kecewa. “Kami semua kecewa saat ini, tapi kami termotivasi oleh proyek baru. Ayahnya mengatakan kepada saya bahwa ada kekecewaan yang kuat. Ini benar, tetapi kami harus memikirkan masa depan. Ini tentang mengubah mentalitas," ujar Bartomeu.

Sumber: