Indonesia Kembali Sepakati Pengadaan Vaksin Covid-19 dari Dua Perusahaan Tiongkok

Indonesia Kembali Sepakati Pengadaan Vaksin Covid-19 dari Dua Perusahaan Tiongkok

CanSino berhasil menerbitkan hasil uji coba keamanan Fase 1 pada Mei lalu. Dua bulan kemudian, yakni pada Juli 2020, mereka melaporkan telah melakukan uji coba Fase 2 yang menunjukkan bahwa vaksin tersebut menghasilkan respons imun yang kuat.

Pada 9 Agustus lalu, Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan bahwa CanSino Biologics akan menjalankan uji coba Fase 3 di Arab Saudi. Pihak perusahaan kini tengah bernegosiasi dengan negara lain untuk uji coba lebih lanjut.

Sedangkan Sinopharm, saat ini bekerja sama mengembangkan dua vaksin virus tidak aktif, salah satunya dengan The Wuhan Institute of Biological Products sedangkan yang lainnya dengan Beijing Institute of Biological Products.

Uji coba Fase 1 dan 2 menunjukkan vaksin tersebut menghasilkan antibodi pada relawan. Namun beberapa diantaranya mengalami demam dan efek samping lain.

Pada Juli lalu, mereka meluncurkan uji coba fase 3 di Uni Emirat Arab (UEA). Sebanyak 5.000 orang menerima suntikan vaksin yang dikembangkan dengan The Wuhan Institute, sedangkan 5.000 lainnya menerima vaksin dari Beijing Institute. (der/zul/fin)

Sumber: