Kereen, Desa di Kaki Gunung Slamet Ini Sulap Lahan Kosong Jadi Taman Bunga Mini

Kereen, Desa di Kaki Gunung Slamet Ini Sulap Lahan Kosong Jadi Taman Bunga Mini

Pemdes Buniwah Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal memiliki ide kreatif untuk mempercantik desanya, salah satunya dengan menyulap lahan kosong tak produktif menjadi taman bunga mini.

Alhasil dari 12 Rukun Tangga (RT) yang ada di Desa Buniwah memiliki taman bunga mini sendiri. Ide gagasan ini diprakasai Ketua PKK Desa Buniwah Sawitri Satyawati yang juga istri kepala desa setempat.

Menurut Sawitri, ide tersebut muncul karena di Desa Buniwah sendiri tidak memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH), sehingga dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk membuat taman bunga mini. Dari taman bunga mini ini juga bisa sebagai tempat berkumpul atau bermain anak-anak.

“Bisa menjadi edukasi anak-anak sekitar, mulai dari pengenalan macam-macam tanaman, sayuran bahkan buah-buahan,” tutur Sawitri saat ditemui di salah satu taman Desa Buniwah, Sabtu (15/8) kemarin.

Dengan adanya taman bunga mini ini, Sawitri menyampaikan terdapat nilai perekonomian warga. Sayur-sayuran yang ditanam dapat dijual bahkan dikonsumsi sendiri.

“Misal ada acara atau tasyakuran diadakan masak, bisa memetik langsung sayurannya di taman tersebut. Sehingga ada nilai ekonomisnya,” katanya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, Sawitri juga ingin masyarakat tidak berhenti aktifitasnya. Ia menginginkan masyarakat tetap produktif meskipun dalam kondisi seperti ini. Dirinya berharap taman bunga mini yang ada di setiap RT dapat berkelanjutan, tidak hanya untuk sekarang ini. 

“Dari segi manfaat memang banyak sekali, masyarakat juga lebih produktif dan sikap kegotong-royongan yang dimiliki bangsa Indonesia itu muncul. Dengan saling bahu membahu membuat taman bunga mini,” ungkapnya.

Rencananya, tak hanya membuat taman bunga mini, Sawitri juga mendukung ide kreatif yang dimiliki masing-masing RT untuk membuat taman bacaan mini. “Semoga adanya taman baca mini dapat menambah semangat anak-anak dalam membaca, karena membaca adalah jendela dunia,” pungkas Sawitri.

Sawitri menambahkan, dalam momentum HUT Kemerdekaan RI ke–75, terdapat lomba kebersihan dan keindahan di masing-masing RT salah satunya adalah pembuatan taman bunga mini. Rencananya, dari 12 RT akan dipilih 6 pemenang, yaitu juara 1, 2, 3, serta juara harapan 1, 2, dan 3. (guh/zul)

Sumber: