Imunisasi Massal Vaksin Covid-19 Direncanakan Februari 2021

Imunisasi Massal Vaksin Covid-19 Direncanakan Februari 2021

Pemerintah menyatakan vaksin COVID-19 ditargetkan selesai pada Januari 2021 mendatang. Jika target tercapai, imunisasi massal bisa dilaksanakan mulai Februari 2021.

"Kita ingin pastikan imunisasi massal ini berjalan baik di awal tahun depan. Memang waktunya sangat sempit. Kalau dimulai Februari 2021 bisa nggak selesai di Juli 2021," ujar Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir, di Jakarta, Sabtu (15/8).

Menteri BUMN ini mengatakan imunisasi merupakan bagian terakhir dari program Indonesia sehat yang harus berjalan lebih dulu. "Indonesia sehat harus berjalan lebih awal. Setelah itu bantuan. Selanjutnya stimulus vaksin, dan terakhir imunisasi massal. Kalau ini sudah dilakukan, kita akan bicara Indonesia tumbuh," tegas Erick.

Dengan adanya imunisasi, diharapkan masyarakat Indonesia bisa merasakan kembali kebersamaan yang hilang. Erick menegaskan tugas komite adalah melakukan percepatan, dukungan dan sinkronisasi.

"Untuk saat ini, kampanye, sosialisasi, peningkatan kedisiplinan protokol kesehatan sebagaimana Inpres Nomor 6 tahun 2020, memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak adalah keharusan yang harus dipatuhi seluruh elemen bangsa," paparnya.

Dia menilai kebijakan tidak mengkarantina alias lockdown, sudah sangat tepat. Sebab, lanjutnya, harus seiring antara kesehatan dan ekonomi. "Jangan terbalik kesehatan jadi fokus, baru pemulihan ekonomi. Bukan begitu. Kesehatan dan ekonomi harus berjalan seiring. Ada gas dan ada rem," tukasnya, Sabtu (15/8) kemarin.

Menurntya, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 yang minus 5,32 persen lebih baik dibandingkan Singapura yang minus 12,6 dan negara-negara lainnya. “Kebijakan Presiden sudah tepat. Kita juga nggak usah debat lagi. Sekarang kita bicara seperti Presiden tekankan dua hal untuk melakukan lompatan kemajuan,” terangnya.

Sektor yang ditekankan Presiden Joko Widodo dalam pidato RUU APBN 2021- untuk melakukan lompatan kemajuan yakni kesehatan, pangan, dan energi.

“Dua poin ini jadi dasar Indonesia tumbuh. Data prediksi World Bank 4,8 persen pertumbuhan ekonomi ke depan. ADB 5,5 persen, IMF 6,1 persen. Kalau bangsa luar percaya, masa kita pesimistis. Karena itu Indonesia targetkan pertumbuhan ekonomi 4,5-5,5 persen,” ucapnya.

Dia menyebutkan Indonesia mempunyai dua modal dasar yang kuat untuk bangkit. Yakni jumlah penduduk besar dan kaya sumber daya alam. "Kita sudah berkali-kali diuntungkan dengan siklus ekonomi. Dulu minyak, kayu, batu bara, kelapa sawit. Sekarang nikel, bauksit, dan lainnya,” jelas Erick.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi dalam Pidato RUU APBN 2021 menyampaikan seiring dengan pentingnya kelanjutan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pada RAPBN tahun 2021, dialokasikan anggaran sekitar Rp356,5 triliun.

Dana itu diarahkan untuk pertama, penanganan kesehatan dengan anggaran sekitar Rp25,4 triliun untuk pengadaan vaksin antivirus, sarana dan prasarana kesehatan, laboratorium, litbang, serta bantuan iuran BPJS untuk PBPU.

Kedua, perlindungan sosial pada masyarakat menengah ke bawah sekitar Rp110,2 triliun. Yakni melalui program keluarga harapan, kartu sembako, kartu pra kerja, serta bansos tunai.

Ketiga, sektoral kementerian/lembaga dan pemda dengan anggaran sekitar Rp136,7 triliun, yang ditujukan untuk peningkatan pariwisata, ketahanan pangan dan perikanan, kawasan industri, pengembangan ICT, pinjaman ke daerah, serta antisipasi pemulihan ekonomi.

Sumber: