Menantu Jokowi dan Keponakan Prabowo Kantongi Rekomendasi Moncong Putih

Menantu Jokowi dan Keponakan Prabowo Kantongi Rekomendasi Moncong Putih

PDI Perjuangan (PDIP) kembali mengumumkan pasangan calon kepala daerah yang diusung di Pilkada Serentak 2020, Kamis (11/8). Ada 75 paslon yang diberi surat rekomendasi.

Di antaranya menantu Presiden Joko Widodo yakni Muhamamd Bobby Afif Nasution. Dia dipasangkan dengan H Aulia Rachman untuk Pilkada Kota Medan. Satunya lagi, keponakan Prabowo Subianto yang bernama Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

Putri pengusaha Hashim Suyono Djojohadikusumo itu diusung sebagai calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendampingi Cawali Muhammad. Sebelumnya, PDIP sudah dua kali mengumumkan nama jagoannya untuk Pilkada 2020. Yaitu pada 19 Februari 2020 dan 17 Juli 2020.

"Pengumuman calon kepala daerah gelombang III ini merupakan bagian dari komitmen partai menyiapkan calon pemimpin terbaik dalam Pilkada 2020. Pilkada bagi PDIP adalah momentum konsolidasi partai. Kali ini, kami mengumumkan 75 pasangan calon kabupaten-kota," tegas Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Selasa (11/8) kemarin.

Menurutnya, sebagai komitmen pada protokol pencegahan COVID-19, PDIP tetap melakukan pengumuman secara online. Pasangan calon mengikuti pengumuman dari kantor DPC maupun DPD di wilayah masing-masing. Sementara DPP PDIP dari kantor pusatnya di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

"Dalam menghadapi Pilkada 2020, kesiapan PDIP adalah menyiapkan pelatihan bagi 4.500-an pelatih saksi di tingkat nasional. Nantinya mereka bertugas melatih 120 ribuan saksi. Selanjutnya, partai juga mempersiapkan sekolah untuk para calon kepala daerah angkatan pertama secara daring," paparnya.

Pengumuman nama paslon disampaikan Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani. "Untuk Banten, Kota Tangerang Selatan. Nama calon kepala daerah H Muhammad, M.Si. Nama wakil kepala daerah, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo," ujar Puan.

Setelah itu, Puan melanjutkan pembacaan rekomendasinya."Kota Medan, Muhamamd Bobby Afif Nasution dengan H Aulia Rachman. Selamat bergabung di PDIP, Mas Bobby. Selamat atas kelahiran putra keduanya, semoga berkah," lanjut Puan.

Selain kedua kota tersebut, PDIP juga membacakan rekomendasi untuk 73 daerah lain. Total ada 75 daerah yang diumumkan rekomendasinya (selengkapnya lihat grafis, Red). Semua pasangan calon yang diusung PDIP mengikuti pembacaan rekomendasi secara virtual.

Usai membacakan rekomendasi untuk 75 daerah, Puan meminta semua paslon berjuang menuju Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. "Semoga calon-calon ini bisa segera berjuang mulai dari sekarang sampai 9 Desember 2020. Insya Allah kita semua menang," papar Ketua DPR RI itu.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan agar para calon kepala daerah yang diusung agar tidak melecehkan rekomendasi yang diberikan. "Para calon kepala daerah harus mementingkan kepentingan bangsa. Tidak berpikiran sempit, hanya memikirkan kepentingan diri sendiri," ujar Megawati.

Dia mengingatkan calon kepala daerah agar memahami arti menjadi pemimpin yang baik bagi daerahnya. Sebab, lanjut Megawati, partai tidak main-main dalam memberikan rekomendasi.

"Partai meluluskan untuk menjadi calon kepala daerah itu berjenjang. Sangat lama. Partai juga mendengarkan aspirasi rakyat. Alangkah sayang jika kalian yang saya beri rekomendasi melecehkan rekomendasi setelah nanti terpilih," ucap Presiden RI ke-5 ini.

Megawati juga mengingatkan calon kepala daerah dari PDIP tidak korupsi. Karena cepat atau lambat pasti akan ketahuan. "Yang namanya korupsi mungkin bisa dikatakan, ada yang mengatakan lambat dan sebagainya. Tetapi satu hal korupsi itu tidak akan bisa disembunyikan. Suatu saat nanti pasti kelihatan," tuturnya.

Sumber: