Keren! Situs Purbakala di Semedo Bukti yang Tertua dan Terlengkap di Pulau Jawa

Keren! Situs Purbakala di Semedo Bukti yang Tertua dan Terlengkap di Pulau Jawa

Direktur Pelestarian Cagar Budaya Museum Semedo Hari Widiyanto mengatakan, situs purbakala yang ada di daerah Semedo ini merupakan salah satu bukti hadirnya fauna-fauna yang tertua dan terlengkap di Pulau Jawa. 

Karena mulai dari binatang yang berada di darat maupun yang ada di dalam laut, mengingat daerah Kabupaten Tegal pada jutaan tahun yang lalu masih belum menjadi daratan. Hingga pada tahun 2007, alat-alat batu ditemukan, tentu ini membuktikan adanya kehidupan manusia purba zaman dahulu.

 "Tengkoraknya ditemukan tahun 2011. Ini semakin jelas, bahwa adanya Museum Semedo akan menjadi jembatan ilmu untuk kami dengan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyebut situs Museum Semedo telah disiapkan sejak tahun 2005.

Sedangkan pengisian koleksi situs dimulai sejak tahun 2018 hingga 2019 dan sudah terkumpul 3.000 koleksi fosil yang ditemukan.

Perwakilan Kemendikbud RI Natsir, Sabtu (8/8) mengatakan, Museum Semedo ini memiliki potensi yang sangat bagus. Tentunya sayang sekali jika tidak ditunjang dengan peran serta pemerintah daerah. 

 "Prosesnya cukup panjang, karena kami sudah menyiapkan sejak tahun 2005. Dan di tahun 2018 sampai 2019 pengumpulan fosilnya," katanya.

Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung hadirnya Situs Purbakala ini. Dirinya merasa senang Museum Semedo ini bisa mendapat perhatian dari pemerintah pusat. 

Pemkab Tegal sangat menyambut baik, dan nantinya akan melakukan pengkajian secara detail terkait pengelolaannya. Memang butuh pengelolaan serius di area Semedo. Mulai dari infrastruktur, fasilitas hingga lingkungannya.
Kendati demikian, Pemkab Tegal akan siap berpartisipasi dan mendorong segala potensi yang ada di Kabupaten Tegal. Dirinya meyakini bahwa situs purbakala Semedo tersebut akan membawa kebaikan untuk semuanya, terutama untuk generasi penerus bangsa Indonesia. (guh/ima)

Sumber: