Khawatir Terpapar Covid-19, 371 Petugas Pengawas Pemilu di Pemalang Jalani Rapid Test

Khawatir Terpapar Covid-19, 371 Petugas Pengawas Pemilu di Pemalang Jalani Rapid Test

Sebanyak 371 petugas pengawas pemilu hari ini menjalani tes cepat atau rapid test, Selasa (28/7) siang. Pengambilan sampel darah untuk mendeteksi antibodi tersebut dilakukan serentak di Puskemas Induk masing-masing kecamatan.

Ketua Bawaslu Pemalang Hery Setiawan menguraikan, ratusan petugas tersebut terdiri dari semua lapisan. Mulai dari 5 orang pimpinan Bawaslu, 42 orang pengawas kecamatan, 222 pengawas tingkat kelurahan/desa dan 102 orang staf sekretariat.

"Rapid test difasilitasi oleh Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pemalang bersama dinas kesehatan, total yang ikut 371 petugas," katanya. 

Hery mengatakan, pelaksanaan rapid test ini bertujuan untuk memastikan semua jajaran pengawas pemilu sehat. Untuk ke depan lebih berhati-hati dalam melakukan pengawasan dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Jangan sampai Pilkada Serentak 2020 ini menjadi klaster baru penyebaran Covid-19," sambungnya.

Pihaknya juga telah menginstruksikan kepada semua jajaran pengawas pemilu baik di tingkat kecamatan maupun di kelurahan/desa untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan hand sanitizer.

Sementara itu, Jubir Penanggulangan Covid-19 Tutuko Raharjo mengatakan, untuk hasil rapid test anggota Bawaslu masih di dinas kesehatan. Hasilnya belum dilaporkan ke gugus tugas. (sul/ima)

Sumber: