Gibran Maju Pilkada Solo lalu Disiapkan untuk Pilpres 2024, Pengamat: Ya Bikin Partai Sendiri

Gibran Maju Pilkada Solo lalu Disiapkan untuk Pilpres 2024, Pengamat: Ya Bikin Partai Sendiri

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dinilai sedang dipersiapkan untuk sesuatu yang lebih besar.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu dimungkinkan dipersiapkan untuk menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang, menggantikan ayahnya.

Akan tetapi, anggapan itu diragukan Pengamat Politik Hendri Satrio.

Menurutnya, masih terlalu dini untuk membaca peluang Gibran dipersiapkan menjadi pengganti ayahnya melalui Pilpres 2024.

“Kalau Jokowi mau mempersiapkan Gibran untuk maju ke nasional, itu paling cepat 2029. Paling cepat. Itu yang menurut saya normalnya,” tuturnya kepada JPNN, Senin (27/7).

Kalaupun memang benar nantinya maju sebagai capres, ia menilai hal itu cukup dipaksakan.

“Tetapi kalau mau dipaksakan, kita enggak pernah tahu,” sambungnya.

Selain itu, jika dipaksakan untuk maju sekalipun, partai pengusung Gibran masih belum jelas.

Terlebih partai berlambang kepala banteng hitam itu memiliki banyak kader mumpuni untuk dijagokan di Pilpres 2024 mendatang.

Dua diantara nama yang disebut adalah Puan Maharani dan Prananda Prabowo atau sederet nama lainnya.

“Ya kan Gibran enggak punya partai, di PDIP tahu sendiri banyak isinya. Kader-kader berkualitasnya penuh di sana,” tutur dia.

Selain Puan dan Prananda yang merupakan putra-putri Megawati, ada juga Puti Guntur hingga kader partai banteng yang kini menjadi menteri dan kepala daerah.

“Jadi banyak. Kalau mau (maju Pilpres 2024), bikin partai politik sendiri,” kata pria yang akrab disapa Hensat ini.

Ia lalu mencontohkan PKB yang didirikan Gus Dur, atau Megawati dengan PDIP, serta AHY dengan Demokrat. Atau putra-putri Soeharto yang mendirikan Partai Berkarya.

Sumber: