Gugatannya Kalah, Penggugat Jokowi yang Kini Bejualan Kardus Akan Gugat Presiden Lagi

Gugatannya Kalah, Penggugat Jokowi yang Kini Bejualan Kardus Akan Gugat Presiden Lagi

Setelah kalah digugatan pertamanya di Pengadilan Negeri (PN) jakarta Pusat, Perwakilan kelompok usaha mikro kecil menengah (UMKM) akan kembali melayangkan gugatan calss action kepada Presiden Jokowi. 

Gugatan baru itu dilayangkan lima perwakilan, yakni Enggal Pamukty, Ade Irawan, Agus Gomala, Mangihut Hasudungan, Antonius Novelo Christian, dan Ejang Hadian Ridwan.

Kelimanya menggugat mantan Gubernur DKI Jakarta itu, karena dianggap lalai dalam menjalankan tugas dan fungsi selaku pemerintah dalam mengantisipasi dan menangani wabah Covid-19. Gugatan dilayangkan pada Rabu 1 April 2020 dan terdaftar dengan Nomor Perkara 186/Pdt.G/2020/PN Jkt.Pst.

Setelah melalui proses, gugatan Enggal Cs diputuskan pada Juni lalu. Hakim PN Jakarta Pusat tidak mengabulkan gugatan mereka. “Udah selesai Mas, kalah,” kata Enggal Pamukty yang dihubungi Pojoksatu.id, Minggu (26/7) kemarin.

Meski kalah, Enggal Pamukty menyatakan tidak akan berhenti melakukan perlawanan sebelum pemerintah benar-benar serius menangani Covid-19. Saat ini, kata Enggal, pihaknya sedang berkonsultasi dengan beberapa pihak, termasuk kepada para pengacara untuk menyusun gugatan baru.

“Langkah selanjutnya gugat kembali. Kami sedang konsul dan menyusun (gugatan). Kami tidak akan berhenti hingga pemerintah benar-benar serius menangani Covid-19,” tegas Enggal.

Enggal membenarkan soal kabar dirinya alih profesi menjadi penjual kardus gara-gara UMKM yang digelutinya terpuruk akibat pandemi Covid-19. “Benar, kemarin jualan kardus, mencari pemasukan,” tandas Enggal.

Diberitakan sebelumnya, kehidupan Enggal Pamukty disebut semakin sulit usai menggugat Presiden Jokowi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). 
Kabarnya, usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang digelutinya semakin terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Kini, aktivis yang pernah bekerja di media siber itu disebut telah beralih profesi menjadi penjual kardus agar bisa bertahan hidup.

“Pasca menggugat @jokowi berubah drastis hidup @EnggalPMT jadi makin sulit. But the life must go on. Kini Enggal alih profesi jadi penjual kardus (jendral) bekas,” cuit akun @kafiradikalis, Sabtu (25/7).

Ia memposting foto pria yang diduga Enggal sedang beristirahat di atas tumpukan kardus.

Ia mengaku salut dengan Enggal yang tidak tergoda dengan tawaran suap dari beberapa oknum pejabat usai menggugat Jokowi. “Salut sama Enggal yg menolak tawaran suap dari bbrp oknum pejabat,” tandasnya. (one/pojoksatu/zul)

Sumber: