Meski Sudah Tersingkir, Hanya Achmad Purnomo yang Bisa Selamatkan Jokowi Jika Gibran Kalah

Meski Sudah Tersingkir, Hanya Achmad Purnomo yang Bisa Selamatkan Jokowi Jika Gibran Kalah

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo merupakan kandidat calon wali kota Solo yang gagal mendapat rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) karena tergusur Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo.

Meski begitu, nampaknya hanya dia yang bisa menjadi lawan tanding bagi Gibran dan pasangannya Teguh Prakosa untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo jika tidak mau Gibran bertemu kotak kosong.

“Apa jadinya nanti kalau kotak kosong mengalahkan Gibran? Mau ditaruh di mana muka presiden?” ucap Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Sarwi Chaniago dikutip dari RMOL, Jumat (24/7).

Pangi menilai, satu-satunya cara untuk menyelamatkan wajah Jokowi adalah Gibran-Teguh memiliki lawan.

Caranya, mendorong agar Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo menjadi lawan tanding bagi Gibran-Teguh.

“Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah bagaimana mendorong Achmad Purnomo maju sebagai lawan tanding yang sebanding dengan Gibran yang diusung PKS, PPP, PAN, dan Demokrat,” ulas dia.

Sayangnya, kemungkinan itu juga disebut Panging sangat kecil bisa terjadi.

Apalagi, meskipun kenyataan Achmad Purnomo diusung partai lain dan berhadapan dengan Gibran-Teguh, maka PDIP tetap akan diuntungkan jika Purnomo yang memenangkan kontestasi, karena namanya besar dari PDIP.

“Walaupun ini hanya mimpi di siang bolong. Sangat tipis kemungkinan simulasi head to head Gibran berhadap-hadapan secara bipolar dengan wakil wali kota Solo sekaligus kader inti PDIP,” tegasnya.

Apalagi, Ahmad Purnomo dipastikan masuk ke dalam tim pemenangan Gibran-Teguh sebagai penasihat.

“Beliau saya minta jadi penasihat tim pemenangan. Saya juga penasihat. Sudah saya sampaikan ke beliau (Ahmad Purnomo),” kata Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo di Solo, Kamis (23/7) kemarin.

Kemudian ketua tim pemenangan, kata Rudy akan diisi oleh Putut Gunawan.

Gibran Rakabuming Raka memang sudah resmi maju menjadi kandidat calwalkot di Pillkada Kota Solo dengan mengantongi rekomendasi dari PDIP.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu dipasangkan dengan Teguh Prakosa yang kini menjabat sebagai sekretaris DPC PDIP Solo.

Sumber: