Proposal Beredar, Prabowo Siap Beli 15 Jet Tempur Super Canggih Eurofighter Typhoon Bekas dari Austria

Proposal Beredar, Prabowo Siap Beli 15 Jet Tempur Super Canggih Eurofighter Typhoon Bekas dari Austria

Media ternama, Kronen Zeitung Austria menyebut jika telah ada pengajuan penawaran dari Prabowo Subianto kepada Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner.

Prabowo dikabarkan tertarik membeli 15 unit jet tempur Eurofighter Typhoon bekas dari Austria. Bahkan, untuk mendukung kabar tersebut, Kronen Zeitung mengunggah foto proposal bernomor 60/M/VII/2020 bertanggal 10 Juli 2020. 

Pada surat itu tertera nama dan jabatan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Selain itu, ada pula cap Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

"Saya selalu terkesan dengan perkembangan teknologi Eropa dan saya mengharapkan dukungan dari Anda untuk melanjutkan proposal ini ke tahap kerja sama yang menguntungkan bagi dua belah pihak," tulis Prabowo dalam suratnya, dikutip dari Dream, Rabu (22/7).

Dalam proposal tersebut juga tertulis target Prabowo untuk memodernisasi Angkatan Udara di Indonesia. Dengan disetujuinya proposal tersebut, maka target itu dinilai bisa tercapai.

Kronen Zeitung juga menulis bahwa Tanner sudah mengonfirmasi penerimaan proposal tersebut. Prabowo juga dinilai sudah memahami 'seluk beluk' pengadaan Eurofighter Typhoon di Austria, sebagaimana tertulis juga dalam proposal.

Adapun, seluk beluk yang dimaksud ialah kasus sengketa antara Austria dengan pemimpin konsorsium Eurofighter Typhoon, Airbus.

Pada 2018 silam, laman Financial Times memberitakan bahwa pada tahun 2017 pemerintah Austria mencurigai adanya korupsi dalam proyek pengadaan jet tempur pada tahun 2003 tersebut.

Dalam keterangan resminya, Airbus membantah tuduhan pemerintah Austria. Namun demikian, pihaknya bersama konsorsium lain yaitu BAE's System dari Inggris dan Leonardo dari Italia sepakat membayar US$99 juta terkait laporan tersebut.

"Saat ini, proposal tersebut akan dicek kembali (di Departemen Pertahanan)," tulis Kronen Zeitung. (dream/ima)

Sumber: