Rumah dan Pabrik Tahu di Brebes Ludes Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

Rumah dan Pabrik Tahu di Brebes Ludes Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

Musibah kebakaran terjadi di Desa Jatibarang Kidul Kecamatan Jatibarang, Senin (20/7). Kejadian yang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB (sebelumnya ditulis pukul 10.30 WIB) menghanguskan rumah sekaligus pabrik tahu.

Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto melalui Kapolsek Jatibarang AKP Radiyanti membenarkan kejadian tersebut. Diketahui, rumah produksi tahu tersebut milik Rusdianto.

Kapolsek menceritakan, awal kejadian tersebut berawal saat salah seorang karyawan akan memasang tabung gas elpiji ukuran 3 kg ke dalam regulator kompor. Namun klep tabung rusak dan mengakibatkan gas keluar secara terus menerus.

"Kemudian karyawan itu membawa tabung tersebut ke belakang dan direndamkan ke dalam bak yang berisi air," jelasnya.

Namun, lanjutnya, jarak sekitar kurang lebih satu meter dari bak air tersebut terdapat kompor yang masih menyala, kemudian mengakibatkan api menyambar ke gas tersebut dan membakar atap bangunan yang terbuat dari kayu dan api menjalar ke seluruh bangunan.

"Sekitar satu jam kemudian api baru dapat dipadamkan oleh petugas Damkar Kabupaten Brebes dibantu dengan Polsek Jatibarang dan warga sekitar," terangnya.

"Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian materiil ditaksir sebesar kurang lebih Rp100 juta," lanjutnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Brebes Supriyadi membenarkan kejadian tersebut. Sedikitnya dua mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan kobaran api.

"Dua mobil tangki dari PDAM dan BPBD Brebes kita kerahkan untuk memadamkan kobaran api," jelasnya. (ded/ima)

Sumber: