Di Balik Kelihaian Megawati Berpolitik, Tersimpan Hobi Unik Ini

Di Balik Kelihaian Megawati Berpolitik, Tersimpan Hobi Unik Ini

Nama Megawati Soekarnoputri di kancah dunia politik sudah tidak diragukan lagi. Presiden kelima Republik Indonesia ini dikenal lihai dalam bidang tersebut.

Namun, siapa sangka. Di balik segudang pengalaman dan ide-ide cemerlangnya, ternyata Megawati menyimpan sisi unik yang jarang diketahui masyarakat banyak.

Dikutip dari Genpi, Minggu (12/7), Megawati ternyata sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan. Untuk itu, dirinya pernah mendirikan Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI).

"Orang melihat saya hanya urusan politik saja, tapi ternyata saya peduli dengan keindahan (alam) seperti ini," kata ketua umum PDI Perjuangan ini.

Ternyata, latar belakang Megawati mendirikan YKRI berdasarkan keprihatinan terhadap kondisi kebun raya saat itu. Sebab, terbengkalai dan tidak terurus.
 
"Indonesia terlalu kaya dan indah, kita jadi lupa untuk menjaga agar tidak terjadi kepunahan. Yang peduli pada tumbuhan dan hewan berkejaran dengan mereka yang mau memusnahkan," ungkapnya.

YKRI yang Megawati dirikan berperan besar untuk mendukung pelestarian keanekaragaman tumbuhan tropis Indonesia di Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Eka Karya di Bali. 

Jiwa kewanitaan Mega yang sangat cinta kepada alam, ternyata merupakan warisan dari sang ayah, yakni Bung Karno. Sebab, sosok proklamator tersebut betul-betul sangat peduli terhadap tumbuhan dan hewan.

"Sampai-sampai dahulu Bung Karno membuat istana dibuatnya mirip mini kebun binatang," ujar Megawati.

Saat ini pun, Mega masih tetap aktif dalam giat melestarikan lingkungan. Hal itu, untuk terus menyalurkan hobinya dan agar berdampak positif bagi kelestarian alam. (genpi/ima)

Sumber: