Saat Pembentukan Kabinet, Cak Imin Sebut Peluang AHY Disalip Gerindra

Saat Pembentukan Kabinet, Cak Imin Sebut Peluang AHY Disalip Gerindra

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) rupanya pernah diusulkan masuk kabinet yang dirancang Presiden Jokowi. Namun, keburu disalip Gerindra.

Hal itu terungkap saat AHY datang ke kantor DPP PKB yang disambut hangat oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan jajaran.

Tak jarang kelakar dan kenangan politik masa lalu jadi bahan perbincangan. Cak Imin bahkan sempat mengungkit proses penyusunan Kabinet Indonesia Maju.

Kala itu, dia mengaku menjadi salah satu pihak yang mendorong agar Demokrat dan AHY masuk dalam kabinet.

“Saya dulu ikut mendorong Mas AHY dan Demokrat masuk kabinet, eh malah Gerindra yang nyelonong masuk,” kata Cak Imin sambil berkelakar saat menyambut AHY di kantor PKB, Jalan Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (9/7) dikutip dari Pojoksatu.

Menanggapi itu, Ketua DPP PKB Ahmad Iman Syukri menegaskan bahwa pernyataan Cak Imin tersebut memang sempat terlontar beberapa waktu lalu.

Gus Ami, sapaan baru Cak Imin, memang mendorong AHY masuk ke dalam pemerintahan Jokowi periode kedua ini.

“Iya, kan pernah ditanya waktu itu, gimana kalau AHY masuk, ya lebih bagus. Terus kan yang belum masuk ke kabinet itu kan Demokrat, sama PAN. Kalau PKS kan sudah oposisi sejak awal itu kita serahkan ke presiden lah,” ujar Syukri di kantor DPP PKB.

Dia menambahkan dengan banyaknya partai yang masuk ke dalam jajaran pemerintahan, maka akan semakin kuat koalisi pemerintahan. Apalagi, filosofi bangsa Indonesia adalah gotong royong.

“Demokrasi kita bukan demokrasi liberal, tapi demokrasi gotong royong, karena itu semakin banyak membantu pemerintahan akan semakin baik. Prinsipnya begitu,” tandasnya. (sta/rmol/pojoksatu/ima)

Sumber: