Di Sekitar Pajero yang Dibom, Polisi Temukan Puing Plastik dan Betere Berserakan

Di Sekitar Pajero yang Dibom, Polisi Temukan Puing Plastik dan Betere Berserakan

Sebuah ledakan terjadi di Jalan Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/7), sekitar pukul 15.00 WIB. Ledakan diduga berasal dari bom rakitan yang dilemparkan seseorang ke sebuah mobil mewah yang terpakir di jalan tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus memastikan ledakan yang terjadi di wilayah Menteng, Jakarta Pusat tidak keras. "Itu ledakan kecil saja," ujarnya, Minggu (5/7).

Senada diungkapkan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto. Dikatakannya, ledakan tergolong ledakan kecil seperti petasan. "Kita katakan petasan karena tidak besar, tak ada dampak signifikan," katanya.

Dijelaskan Heru, tak ada korban jiwa akibat ledakan tersebut. Pasalnya, ledakan itu hanya menyebabkan ban mobil jenis Pajero kempes. “Ledakan hanya mengakibatkan kempis ban Pajero sebelah kiri. Kita katakan petasan karena tidak besar tak ada dampak signifikan,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjut Heru, pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara komprehensif, termasuk memeriksa CCTV di lokasi kejadian. “CCTV kita jadikan alat petunjuk kira-kira awalnya bagaimana (hingga terjadi ledakan),” katanya.

Sejauh ini pihaknya tengah memeriksa CCTV, namun belum secara keseluruhan. Ia meminta semua pihak bersabar menunggu hasil pemeriksaan. “Kita belum lihat semua sabar, hasil pemeriksaan kami ekspose,” ucapnya.

Dia juga mengatakan pihaknya telah menerjunkan Puslabfor untuk memastikan apakah ledakan tersebut berasal dari petasan atau bom rakitan.

“Kita tunggu Puslabfor yang kita lihat ada pecahan plastik, pipa ada juga. Tapi kalo kita simpulkan ini low explosive karena dampaknya kecil, aspal tidak ada luka, kaca enggak pecah, ban bocor saja karena pipa masuk ban,” tuturnya.

Petugas Polsek Menteng bersama tim identifikasi Polres Metro Jakarta Pusat kemudian memasang garis polisi pada mobil Mitsubitshi Pajero B 1812 PJH itu. Polisi segera melangsungkan oleh tempat kejadian perkara setelahnya. Petugas menemukan puing plastik dan batere berserakan.

Hasan, seorang warga di sekitar kejadian, mengatakan ledakan terdengar setelah dia melihat dua orang berboncengan motor. Pengendara itu kemudian melemparkan bungkusan plastik hitam.

"Meledak lebih dari petasan, ada motor kaya ada ngelempar gitu satu orang, kemudian dia malah tancep gas," ujar dia.

Dikatakannya, terdengar ledakan namun tak memunculkan api. Setelah ledakan tersebut, pemilik mobil berusaha memadamkan api dengan alat pemadam portabel. (gw/zul/fin)

Sumber: